PENGGUNAAN INSTRUMEN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI

Authors

  • VIVI EKA OKTAVIA
  • SETYO ADMOKO

Abstract

Miskonsepsi merupakan suatu pandangan yang salah mengenai suatu konsep yang telah dimiliki seseorang tetapi memiliki perbedaan konsep yang sudah disepakati dan dianggap benar oleh para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa kelas XI menggunakan tes diagnostik four-tier. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan siswa dari tiga kelas mengalami miskonsepsi terendah pada konsep momen gaya sebesar 19.84% yang disebabkan oleh pemikiran humanistik dan false negative. Sedangkan miskonsepsi tertinggi yang dialami oleh siswa pada konsep energi kinetik total sebesar 46.31% yang disebabkan oleh pemikiran asosiatif dan reasoning yang salah dengan persentase berturut-turut 43.75%, 59.09%, dan 37.50%.

Kataikunci: Miskonsepsi, Four-tier Diagnostic Test, Dinamika Rotasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

08-05-2019

How to Cite

EKA OKTAVIA, V., & ADMOKO, S. (2019). PENGGUNAAN INSTRUMEN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27440

Issue

Section

Articles
Abstract views: 417 , PDF Downloads: 322

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>