PENGGUNAAN INSTRUMEN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI

  • VIVI EKA OKTAVIA
  • SETYO ADMOKO

Abstract

Miskonsepsi merupakan suatu pandangan yang salah mengenai suatu konsep yang telah dimiliki seseorang tetapi memiliki perbedaan konsep yang sudah disepakati dan dianggap benar oleh para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa kelas XI menggunakan tes diagnostik four-tier. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan siswa dari tiga kelas mengalami miskonsepsi terendah pada konsep momen gaya sebesar 19.84% yang disebabkan oleh pemikiran humanistik dan false negative. Sedangkan miskonsepsi tertinggi yang dialami oleh siswa pada konsep energi kinetik total sebesar 46.31% yang disebabkan oleh pemikiran asosiatif dan reasoning yang salah dengan persentase berturut-turut 43.75%, 59.09%, dan 37.50%.

Kataikunci: Miskonsepsi, Four-tier Diagnostic Test, Dinamika Rotasi.

Published
2019-05-08
Section
Articles
Abstract Views: 320
PDF Downloads: 252