Analisis Keefektifan Toulmins Argument Pattern (TAP) Pada Model-Model Pembelajaran Dalam Melatih Keterampilan Argumentasi Dan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik SMA

  • WAHYU INDA SAFITRI
  • SETYO ADMOKO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan model-model pembelajaran berbasis Toulmin’s Argument Pattern (TAP) dalam melatih keterampilan argumentasi dan berpikir kritis pada peserta didik SMA. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian study kepustakaan. Data yang gunakan merupakan data sekunder yang diambil dari data hasil penelitian, jurnal-jurnal, dan sumber-sumber relevan lainnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu organize, synthesize, dan identify. Berdasarkan analisis penulis setalah membaca beberapa literatur yang relevan dan mencari keterkaitan antar literatur, didapatkan hasil penelitian bahwa ketika diterapkan Model Pembelajaran Argumentasi Toulmin, peserta didik mampu mencapai keterampilan berargumentasi pada level 5 dan mencapai tahapan overview pada berpikir kritis. Pada model pembelajaran argumentasi dengan pendekatan saintifik, model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing, peserta didik mampu mencapai keterampilan berargumentasi pada level 4 dan mencapai tahapan clarity pada berpikir kritis. Pada model pembelajaran, Argument Driven Inquiry (ADI), dan model pembelajaran diskusi, peserta didik mampu mencapai keterampilan berargumentasi pada level 3-4 dan mencapai tahapan clarity pada berpikir kritis. Pencapaian tersebut didapatkan karena pada setiap model pembelajaran diterapkan Toulmin’s Argument Pattern (TAP), sehingga secara garis besar keterampilan argumentasi peserta didik mencapai level 3 sampai level 5, dan keterampilan berpikir kritis peserta didik mencapai pada tahapan clarity sampai overview. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Toulmin’s Argument Pattern (TAP) pada model pembelajaran sangatlah efektif untuk melatih keterampilan argumentasi dan berpikir kritis pada peserta didik SMA.

Kata Kunci: Keterampilan Argumentasi, Berpikir Kritis, Toulmin’s Argument Pattern (TAP), Model Pembelajaran.

Published
2020-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 205
PDF Downloads: 147