PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MESIN CARNOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

  • VICHI CAHYO EKO SAPUTRO Universitas Negeri Surabaya
  • PRABOWO PRABOWO Universitas Negeri Surabaya
  • SETYO ADMOKO Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga mesin Carnot sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Alat praktikum yang dikembangkan diujicobakan secara luas pada peserta didik di SMA dengan menggunakan rancangan penelitian “One Group Pre-test Post-test Design” dengan tiga kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini berupa validitas alat praktikum sebesar 84% dengan kategori sangat positif sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 87% dari 87 peserta didik yang tersebar dalam tiga kelas. Berdasarkan hasil analisis lembar evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui tingkat kenaikan nilai ranah kognitif peserta didik didapatkan nilai gain sebesar 0,65 yang tergolong pada kategori sedang. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan presentase 85%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga mesin Carnot telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi Hukum II Termodinamika.

Kata kunci : Alat peraga mesin Carnot, media pembelajaran, kelayakan

Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 374
PDF Downloads: 385