Pengembangan Alat Peraga Hidrolik Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Sub Materi Hukum Pascal Siswa Kelas Xi Sma Negeri Kesamben Jombang

  • Chelsy Wardani Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Prabowo Prabowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan alat peraga hidrolik sederhana sebagai media pembelajaran fisika pada sub materi hukum pascal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Impelement, dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Kesamben dengan menggunakan 3 kelas eksperimen. Alat peraga ini terdiri dari lempeng kayu, suntikan, selang, batang, lengan dan penjepit. Alat peraga ini digunakan untuk mencari nilai cepat rambat gelombang. Kelayakan alat peraga diperoleh dari penilaian validator 86% dengan keriteria sangat layak. Hasil belajar siswa secara klasikal dengan keriteria tuntas pada 3 kelas eksperimen. Berdasarkan analisis angket respon peserta didik, diperoleh bahwa respon peserta didik setelah menggunakan alat peraga hidrolik sederhana yang dikembangkan ini termasuk dalam kategori positif dengan rata-rata 74%. Secara umun dapat disimpulkan alat peraga hidrolik sederhana layak digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran fisika pada materi Hukum Pascal.

Kata kunci: Alat Peraga Hidrolik Sederhana, Hukum Pascal dan Media Pembelajaran.

Abstract

This study aims to describe and analyze the feasibility of a simple hydraulic props as a medium of learning physics on sub pascal legal materials. This research uses a research model development ADDIE (Analyze, Design, Develop, impelement, and Evaluation). The research was conducted in SMAN Kesamben using 3 experimental class. Props consist of wooden tablets, injections, hose, trunk, arm and clamp. Props are used to find the value of fast propagation. Feasibility props obtained from the validator ratings            86% with the criteria of very decent. Classical student learning outcomes with the criteria of experiments completed in the 3 classes. Based on the analysis of questionnaire responses of students, found that the response of students after using a simple hydraulic props are developed is included in the positive category with an average of 74%. In umun concluded decent simple hydraulic props used to support learning activities on material physics Pascal's Law.

 

Keywords: Hydraulic Simple Viewer tool, Pascal's Law and Learning Media.

 

Published
2020-09-10
Section
Media Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 505
PDF Downloads: 202