Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivis ‎Pokok Bahasan Alat-Alat Optik pada Siswa Kelas VIII SMPN 7 Bojonegoro‎

Authors

  • Dhian Tri Endah Vidyandari
  • Prabowo Prabowo

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara, angket, dan observasi langsung di SMPN 7 Bojonegoro didapatkan bahwa sekolah tersebut pada umumnya menggunakan pembelajaran teacher centered sehingga membuat siswa mudah bosan dan takut pada pelajaran Fisika. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan suatu model pembelajaran Problem Based Instruction dengan pendekatan konstruktivis pokok bahasan alat-alat optik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanan pembelajaran, respons siswa, dan hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran Problem Based Instruction dengan pendekatan konstruktivis. Model pembelajaran Problem Based Instruction merupakan model pembelajaran yang menyajikan kepada siswa situasi masalah yang autentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada mereka untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri serta menghasilkan produk berupa hasil karya. Dengan pendekatan konstruktivis, siswa membangun sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Control Group Pre-Test Post-Test Design. Berdasarkan analisis aspek kognitif, afektif dan psikomotor hasil belajar siswa dari penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan pendekatan konstruktivis yang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan metode biasa, karena siswa lebih aktif dan berani mengungkapkan pendapat. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Instruction dengan pendekatan konstruktivis yang diterapkan pada penelitian ini berjalan dengan baik sekali, hal ini didapat dari pengamatan. Hasil respons siswa terhadap pembelajaran Problem Based Instruction dengan pendekatan konstruktivis mendapat kategori baik sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Vidyandari, D. T. E., & Prabowo, P. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivis ‎Pokok Bahasan Alat-Alat Optik pada Siswa Kelas VIII SMPN 7 Bojonegoro‎. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 19–23. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/2999
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 32

Most read articles by the same author(s)