Pengembangan Alat Peraga Bandul Matematis Berbasis Sensor Proximity pada Materi Getaran Harmonis untuk Siswa SMA Kelas X

  • Nailis Sa'adah Universitas Negeri Surabaya
  • Prabowo Prabowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas alat peraga bandul matematis berbasis sensor proximity untuk menentukan nilai percepatan gravitasi bumi pada materi getaran harmonis dan untuk mendeskripsikan kesesuaian alat peraga bandul matematis berbasis sensor proximity untuk menentukan nilai percepatan gravitasi bumi pada materi getaran harmonis terhadap konstanta percepatan gravitasi bumi pada teori. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D namun hanya dibatasi sampai 3D (Define, Design, Develop). Validitas alat peraga bandul matematis berbasis sensor proximity dinilai berdasarkan hasil dari validator dan taraf ketelitian hasil percobaan menggunakan alat peraga. Kesesuaian alat peraga bandul matematis berbasis sensor proximity terhadap teori dianalisis menggunakan perhitungan akurasi. Berdasarkan data yang diperoleh, tingkat validitas alat peraga berbasis sensor proximity termasuk dalam kategori sangat baik karena hasil validasi dan taraf ketelitian alat peraga memiliki persentase ≥ 61%. Hasil validasi alat peraga menunjukkan persentase sebesar 94.29% dan data hasil percobaan menggunakan alat peraga bandul matematis berbasis sensor proximity memperoleh taraf ketelitian pada sensor proximity pertama sebesar 99.98%, pada sensor proximity kedua sebesar 99.97%, dan pada sensor proximity ketiga sebesar 99.98%. Sedangkan kesesuaian alat peraga terhadap konstanta gravitasi bumi pada teori diperoleh sebesar 99.53% dan tergolong dalam kategori sangat baik. Nilai percepatan gravitasi bumi yang diperoleh dari hasil praktikum yaitu 9.72 m/s2 melalui perhitungan dengan rumus dan 9.74 m/s2 melalui perhitungan persamaan regeresi yang didapat dari grafik.

 

Kata kunci: bandul matematis, sensor proximity, getaran harmonis

 

Abstract

This study aims to describe the validity of mathematical pendulum teaching aids based on proximity sensor to determines the value of the gravitational acceleration in harmonic vibrational material and to describe the suitability of mathematical pendulum teaching aids based on proximity sensor to determines the value of the gravitational acceleration in harmonic vibrational material to the gravitational acceleration in theory. This type of research is a research development using the 4D model but only limited until 3D. The validity of the props is assessed based on the results of the validator and the accuracy of the experimental results using the props. The suitability of the propsto the theory was analyzed using accuracy calculations. Based on the data obtained, the level of validity of the props is included in the very good category because the results of validation and the level of accuracy of the props have a percentage of 61%. The results of the validation of the props showed a percentage of 94.29% and the experimental data using the props obtained an average accuracy level on the first proximity sensor of 99.98%, the second proximity sensor of 99.97%, and the third proximity sensor of 99.98%. While the suitability of the props to the gravitational acceleration in theory is 99.3% and is classified in the very good category. The value of  gravitational acceleration obtained from practicum results is 9.72 m/s2 through calculations with the formula and 9.74 m/s2 through the calculation of the regression equation obtained from the graph.

 

Keywords: mathematical pendulum, proximity sensor, harmonic vibration

Published
2021-07-08
Section
Media Pembelajaran Fisika