Pengembangan Alat Peraga Sederhana Cermin Ganda Sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Pemantulan Cahaya pada Cermin Datar di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menguasai konsep fisika yang kebanyakan bersifat abstrak. Untuk meminimalkan pemahaman konsep siswa yang lemah perlu adanya penyediaan media pembelajaran yang memadai. Salah satu komponen media pembelajaran adalah alat peraga. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan alat peraga yang telah dimodifikasi apabila digunakan di dalam pembelajaran di kelas. Pengembangan alat peraga cermin ganda merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain penelitian berupa one group pretest-posttest design. Alat peraga yang dikembangkan terlebih dahulu melewati tahap pemberian saran dari dosen ahli serta guru bidang studi IPA yang kemudian dilakukan penilaian kelayakannya sebelum digunakan di dalam pembelajaran. Tahapan selajutnya adalah tahap pengujian pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Sidoarjo dengan menggunakan 3 kelas replikasi. Berdasarkan validasi kelayakan alat peraga yang dilakukan dosen ahli serta guru bidang studi dapat dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase 82 %. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal di kelas VIII-2 sebesar 83,3 %, kelas VIII-3 sebesar 80,5 %, dan di kelas VIII-6 sebesar 83,3 % sehingga apabila dirata-rata persentase ketuntasan belajar siswa di ketiga kelas diperoleh hasil 82,36 %. Hasil validasi kelayakan alat peraga yang menyatakan alat peraga cermin ganda layak digunakan di dalam pembelajaran diperkuat juga oleh respon siswa di ketiga kelas sangat baik dengan persentase 92,30%. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah alat peraga cermin ganda layak digunakan di dalam proses pembelajaran serta respon baik dari siswa setelah menggunakan alat peraga cermin ganda.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 467
,
PDF Downloads: 1396



