Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sederhana Perpindahan Kalor Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto
Abstract
Dalam suatu pembelajaran konsep yang bersifat abstrak, seorang guru memerlukan alat bantu ajar berupa benda – benda konkret sebagai visualisasinya yang disebut sebagai alat peraga sederhana. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan alat peraga sederhana perpindahan kalor sebagai media pembelajaran pada materi pokok kalor terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental ( One Group Pre Test Post Test Design ) dengan kegiatan pembelajaran yang digunakan tiga kali replikasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t sesuai dengan hasil nilai rata-rata post test siswa diperoleh thitung untuk kelompok kontrol-eksperimen 1 sebesar 8,5434 ; kelompok kontrol-eksperimen 2 sebesar 3,1316 ; dan kelompok kontrol-eksperimen 3 sebesar 9,6352 , sedangkan dari ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh masing-masing kelompok secara berturut-turut sebesar 1,98 ; 1,98 ; dan 1,98. Dari hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar kelompok siswa yang menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor yaitu kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor. Sedangkan dari nilai rata-rata post test siswa untuk kelas kontrol sebesar 70,4186 dan untuk kelas eksperimen 1, 2, dan 3 berturutturut sebesar 86,9024 ; 77,0238 ; 88,4186 . Dari analisis angket respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor adalah 80% siswa setuju dengan penggunaan alat peraga sederhana perpindahan kalor penyampaian materi lebih jelas dan 80% siswa menyatakan lebih senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga sederhana perpindahan kalor berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

