PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PERPINDAHAN KALOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 GEDEG MOJOKERTO

  • FINDRI LUSITADEWI

Abstract

Abstract. In a study of abstract concepts, teachers need instrument of concrete objects as visualization is referred to as simple props. The study was conducted to describe the effect of the use of simple props heat transfer as a medium of learning in the subject matter of heat to study achievement of student in first grade in SMAN 1 Gedeg Mojokerto. The research methodology used was an experimental study (One Group Pre Test Post Test Design) with the learning activities used three times replication. Based on the results of the hypothesis test calculations in accordance with the average value obtained count of hypothesis in post test for group control to experiment 1 is  8.5434; for group control to eexperiment 2 is 3.1316;for group control to experiment 3 is  9.6352, while from a hypothesis table list  with significance level 5% obtained by each successive group of 1.98; 1.98, and 1.98. From the results of the hypothesis test showed that value in count of hypothesis is greater than in hypothesis table list. This suggests that the learning achievements of students who use simple props heat transfer experimental class is better than the control class that does not use simple props heat transfer. While the value of the average post-test students to a class of 70.4186 and control for a class of experiments 1, 2, and 3 respectively by 86.9024; 77.0238; 88.4186. From the analysis of questionnaire responses of students to learning by using simple props heat transfer is 80% of students agree with the use of simple props heat transfer and clear delivery of content over 80% of students expressed more excited and enthusiastic in participating in learning by using simple props heat transfer. Thus these results can be concluded that the use of simple props heat transfer effect on student achievement.


Keywords: Props, experimental, study achievment, student response.

Abstrak. Dalam suatu pembelajaran konsep yang bersifat abstrak, seorang guru memerlukan alat bantu ajar berupa benda – benda konkret sebagai visualisasinya yang disebut sebagai alat peraga sederhana. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan alat peraga sederhana perpindahan kalor sebagai media pembelajaran pada materi pokok kalor terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental ( One Group Pre Test Post Test Design ) dengan kegiatan pembelajaran yang digunakan tiga kali replikasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t sesuai dengan hasil nilai rata-rata post test siswa diperoleh thitung untuk kelompok kontrol-eksperimen 1 sebesar 8,5434 ; kelompok kontrol-eksperimen 2 sebesar 3,1316 ; dan kelompok kontrol-eksperimen 3 sebesar 9,6352 , sedangkan dari ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh masing-masing kelompok secara berturut-turut sebesar 1,98 ; 1,98 ; dan 1,98. Dari hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar kelompok siswa yang menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor yaitu kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor. Sedangkan dari nilai rata-rata post test siswa untuk kelas kontrol sebesar  70,4186 dan untuk kelas eksperimen 1, 2, dan 3 berturut-turut sebesar 86,9024 ; 77,0238 ; 88,4186 . Dari analisis angket respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor adalah 80% siswa setuju dengan penggunaan alat peraga sederhana perpindahan kalor penyampaian materi lebih jelas dan 80% siswa menyatakan lebih senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga sederhana perpindahan kalor berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Kata-kata kunci : Alat peraga, eksperimental, prestasi belajar, respons siswa.
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 249