Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sederhana Perpindahan Kalor Sebagai Media Pembelajaran ‎Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto

Authors

  • Findri Lusitadewi
  • Prabowo Prabowo

Abstract

Dalam suatu pembelajaran konsep yang bersifat abstrak, seorang guru memerlukan alat bantu ajar berupa benda – benda konkret sebagai visualisasinya yang disebut sebagai alat peraga sederhana. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan alat peraga sederhana perpindahan kalor sebagai media pembelajaran pada materi pokok kalor terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental ( One Group Pre Test Post Test Design ) dengan kegiatan pembelajaran yang digunakan tiga kali replikasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t sesuai dengan hasil nilai rata-rata post test siswa diperoleh thitung untuk kelompok kontrol-eksperimen 1 sebesar 8,5434 ; kelompok kontrol-eksperimen 2 sebesar 3,1316 ; dan kelompok kontrol-eksperimen 3 sebesar 9,6352 , sedangkan dari ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh masing-masing kelompok secara berturut-turut sebesar 1,98 ; 1,98 ; dan 1,98. Dari hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar kelompok siswa yang menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor yaitu kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor. Sedangkan dari nilai rata-rata post test siswa untuk kelas kontrol sebesar 70,4186 dan untuk kelas eksperimen 1, 2, dan 3 berturutturut sebesar 86,9024 ; 77,0238 ; 88,4186 . Dari analisis angket respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor adalah 80% siswa setuju dengan penggunaan alat peraga sederhana perpindahan kalor penyampaian materi lebih jelas dan 80% siswa menyatakan lebih senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana perpindahan kalor. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga sederhana perpindahan kalor berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Lusitadewi, F., & Prabowo, P. (2025). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sederhana Perpindahan Kalor Sebagai Media Pembelajaran ‎Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(2), 24–29. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/904
Abstract views: 63 , PDF Downloads: 269

Most read articles by the same author(s)