Keterlaksanaan Case Based Learning (CBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah di SMA Negeri 1 Puncu

  • DEVIAN ASTIKA WATI
  • TITIN SUNARTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran Case Based Learning (CBL) di SMA Negeri 1 Puncu. Jenis penelitian ini pre-experimental dengan desain one-grup pretest-posttest menggunakan 2 kelas replikasi dan 1 kelas implementasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran dengan skala Likert. Skor rata-rata yang diperoleh dari jumlah seluruh skor keterlaksanaan pembelajaran dikonversikan ke kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas yaitu kelas replikasi 1, replikasi 2 dan implementasi memperoleh nilai persentase berturut-turut yaitu 91%, 90% dan 90% dalam kategori sangat baik. Kendala yang dihadapi adalah peserta didik belum terbiasa dengan pembelajaran CBL yang berorientasi analisa pada kasus fisika untuk meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah sehingga perlu waktu ditingkatkan lagi.

Kata Kunci : Keterlaksanaan Pembelajaran, Case Based Learning (CBL)

Published
2019-05-21
Section
Articles
Abstract Views: 210
PDF Downloads: 218