Keterlaksanaan Case Based Learning (CBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah di SMA Negeri 1 Puncu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran Case Based Learning (CBL) di SMA Negeri 1 Puncu. Jenis penelitian ini pre-experimental dengan desain one-grup pretest-posttest menggunakan 2 kelas replikasi dan 1 kelas implementasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran dengan skala Likert. Skor rata-rata yang diperoleh dari jumlah seluruh skor keterlaksanaan pembelajaran dikonversikan ke kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas yaitu kelas replikasi 1, replikasi 2 dan implementasi memperoleh nilai persentase berturut-turut yaitu 91%, 90% dan 90% dalam kategori sangat baik. Kendala yang dihadapi adalah peserta didik belum terbiasa dengan pembelajaran CBL yang berorientasi analisa pada kasus fisika untuk meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah sehingga perlu waktu ditingkatkan lagi.
Kata Kunci : Keterlaksanaan Pembelajaran, Case Based Learning (CBL)
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

