Meta-Analisis : Penelitian Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Penguasaan Kompetensi Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v12n2.p27-36Abstract
Model pembelajaran inkuiri sering diterapkan pada penelitian pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penelitian yang sudah ada tentang penerapan model pembelajaran inkuiri untuk peningkatan kompetensi literasi sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Meta-Analisis yang memiliki tahap sebagai berikut : pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data sekunder yang terdiri dari 20 prosiding dan artikel jurnal nasional dan internasional yang telah dipublikasi dengan rentang waktu 7 tahun (2015-2021) pada Google Scholar. Tahap pertama yang dilakukan adalah pengumpulan artikel, yang terseleksi menjadi 20 artikel yang mempunyai desain penelitian yang mirip, yang juga divisualisasikan dengan software VOSviewer, dan mengkalkulasi effect size ditinjau berdasarkan tahun penelitian, tingkat satuan pendidikan, materi pembelajaran dan model inkuiri. Berdasarkan hasil metaanalisis dari 20 artikel menunjukkan model pembelajaran inkuiri memiliki dampak positif terhadap peningkatan literasi sains peserta didik yang ditunjukkan oleh hasil effect size kategori strong effect. Penelitian terkait pengaruh model pembelajaran inkuiri dengn variabel literasi sains banyak dilakukan pada tahun 2019-2020 pada jenjang SMA, pada materi Fluida Statis dan Hukum Newton, dengan menggunakan guided inquiry. Hasil effect size paling kuat yaitu pada penelitian tingkat SMA, pada materi Listrik Dinamis dan menggunakan guided inquiry.
Kata kunci: Inkuiri, Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Literasi Sains