PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA

  • SELVIA SHELLAWATI
  • TITIN SUNARTI

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik, dan respon peserta didik selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Momentum dan Impuls di kelas X SMA Negeri 1 Menganti. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design dengan sampel sebanyak tiga kelas, yaitu kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes kemampuan literasi sains peserta didik, dan lembar angket respon peserta didik. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Data kemampuan literasi sains peserta didik dianalisis menggunakan uji t-berpasangan dan peningkatannya dianalisis menggunakan analisis n-gain. Respon peserta didik dianalisis dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing telah terlaksana dengan sangat baik dan memiliki persentase keterlaksanaan sebesar 97,25%. Kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen maupun kelas replikasi meningkat secara signifikan dengan rata-rata n-gain sebesar 0,6 dengan kriteria sedang. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat baik, dengan rata-rata persentase sebesar 85,55%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik khususnya pada materi Momentum dan Impuls. Kata kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan literasi sains, momentum dan impuls AbstractThis study aims to describe implementation of learning using guided inquiry learning models, the improvement of students’ skills of science literacy and students response during the learning process by applying the guided inquiry learning model on Momentum and Impulse materials in Grade X Senior High School 1 Menganti. The research design used is one group pre-test post-test design with sample of three classes, that is experiment class, replication class 1, and replication class 2. The research instrument used is the observation sheet of learning implementation, the literacy test of students skill of science literacy, and the students response questionnaire. The data of learning implementation were analyzed by quantitative descriptive in the form of percentages. The data of science literacy skill were analyzed using paired t-test and the improvement was analyzed using n-gain analysis. Students responses were analyzed in the form of percentages. The result of this research is guided inquiry model has been done very well and has percentage of implementation amounted to 97.25%. Scientific literacy skills of students in the experimental class and replication class increased significantly with an average n-gain of 0.6 with the criteria being medium. The response of students to the guided inquiry learning model is very good, with an average percentage of 85.55%. Based on the results of the research, it can be concluded that the guided inquiry learning model can be used to improve students literacy skills, especially in Momentum and Impulse. Keywords: guided inquiry, skills of science literacy, momentum and impulse
Published
2018-08-21
Section
Articles
Abstract Views: 318
PDF Downloads: 425