PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, BERPIKIR KREATIF, DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI GERAK LURUS PADA PESERTA DIDIK SMA

  • LINA YULIANTANINGRUM
  • TITIN SUNARTI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) materi gerak lurus untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah pada peserta didik SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE terbatas yaitu Analysis, Design, Development, sehingga mengacu pada penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi masalah hasil studi lapangan yang dilakukan di daerah Gresik. Selanjutnya dilakukan perencanaan pengembangan instrumen soal. Instrumen HOTS pada materi gerak lurus tersebut berisikan soal yang terdiri dari pilihan ganda dan uraian dengan menggunakan indikator kompetensi HOTS meliputi berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah. Instrumen soal HOTS yang telah tersusun, kemudian divalidasi oleh 3 pakar untuk memperoleh hasil validitas teoritik. Ketiga pakar memberikan penilaian instrumen soal dengan mengisi lembar validasi. Hasil validasi oleh pakar berupa komentar dan saran pada masing-masing soal dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada instrumen soal. Selain itu, analisis hasil validasi berupa penilaian kuantitatif dilakukan dengan menghitung persentase validitas instrumen soal. Berdasarkan hasil validitas teoritik pada ranah materi, konstruksi, dan bahasa memperoleh persentase validitas berturut-turut sebesar 83,33%; 92,42%; dan 89,58%. Dengan demikian, instrumen soal yang telah tersusun dapat dinyatakan valid secara teoritik sehingga layak diterapkan kepada peserta didik.

Kata kunci: Validitas instrumen soal, HOTS, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah.

ABSTRACT

The purpose of this study was to develop HOTSs (Higher Order Thinking Skills) straight motion material to measure critical thinking skills, creative thinking, and problem solving in senior high school students. This development research uses a limited ADDIE developments model that is Analysis, Design, Development, so it refers to quantitative descriptive research. The analysis was carried out by identifying the problems results of field studies conducted in the Gresiks area. The next step is planning of instrument development. The HOTS instrument on the straight motion material contains questions consisting of multiple choices and descriptions using HOTS competency indicators including critical thinking, creative thinking, and problem solving. The HOTS question instruments which have been arranged, then validated by 3 experts to obtain theoretical validity results. The three experts gave the assessment of question instruments by filling out the validation sheet. The results of the validation by the experts in form of comments and suggestions on each question with the aim to correct the deficiencies contained in the question instrument. In addition, an results analysis of validation in form of a quantitative assessment was carried out by calculating the percentage of the validity of the question instruments. The test results of the experts will be analyzed. Based on the results of theoretical validity of material, construction, and language domain are declared valid by obtaining the percentage of validity in the amount 83,33%; 92.42%; and 89.58%. Thus, the instrument questions that have been arranged can be declared valid so it is feasible to be applied to students.

Keywords: Question instrument validity, HOTS, critical thinking, creative thinking, and problem solving.
Published
2020-05-14
Section
Articles
Abstract Views: 505
PDF Downloads: 553