Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Berformat Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Authors

  • Elfa Fifi Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Wasis Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Sunarti Universitas Negeri Surabaya
  • Woro Setyarsih Universitas Negeri Surabaya
  • Suliyanah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v14n1.p34-41

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal berformat AKM pada Materi Gerak Lurus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen soal berformat AKM untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI yang memprogram fisika. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas analisis instrumen soal dan analisis data penelitian. Sampel penelitian terdiri atas 60 peserta didik kelas XI Sekolah A, 53 peserta didik kelas XI Sekolah B, 56 peserta didik kelas XI Sekolah C, dan 65 peserta didik kelas XI Sekolah D. Profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada indikator memahami masalah melalui menemukan informasi, memahami masalah numerasi, memilih dan menerapkan strategi, memeriksa dan mengevaluasi masalah berdasarkan informasi, serta memeriksa kembali dan mengevaluasi penyelesaian masalah numerasi termasuk kategori sedang. Persentase profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI yang memprogram mata pelajaran fisika di Kabupaten Sidoarjo terdiri atas 12,39% kategori tinggi, 75,21% kategori sedang, dan 12,39% kategori rendah. Profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik mayoritas berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-01-2025

How to Cite

Rahmawati, E. F., Wasis, Sunarti, T., Setyarsih, W., & Suliyanah. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Berformat Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 14(1), 34–41. https://doi.org/10.26740/ipf.v14n1.p34-41

Issue

Section

Asesmen Pembelajaran Fisika
Abstract views: 144 , PDF Downloads: 165

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>