Pengembangan Instrumen Tes Berorientasi Education For Sustainable Development (ESD) Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global

Authors

  • Vety Zahrotul Widad Universitas Negeri Surabaya
  • Wasis Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v14n3.p1-15

Keywords:

Instrumen tes, keterampilan berpikir kritis, Education for Sustainable Development (ESD), pemanasan global

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berorientasi Education for Sustainable Development (ESD) untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Instrumen tes dikembangkan berdasarkan indikator berpikir kritis menurut Ennis yang dipadukan dengan tiga pilar ESD: sosial-budaya, lingkungan, dan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi validasi ahli, angket respons peserta didik, dan tes keterampilan berpikir kritis. Uji coba dilakukan kepada 35 peserta didik kelas XI dan diterapkan lebih lanjut pada 120 peserta didik kelas X di SMA Assa’adah. Hasil menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel, dengan nilai Percentage of Agreement (PoA) sebesar 95% (isi), 97% (konstruksi), dan 90% (bahasa). Reliabilitas diperoleh rhitung (0,877) > rtabel (0,334), dengan tingkat kesukaran sedang dan daya pembeda cukup hingga baik. Profil keterampilan berpikir kritis peserta didik sebagian besar berada pada kategori sedang (29%), rendah (36%), dan sangat rendah (12%), serta hanya sebagian kecil pada kategori tinggi (17%) dan sangat tinggi (6%). Respons peserta didik terhadap instrumen sangat positif, terutama pada aspek ESD yang mencapai 94%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam konteks pendidikan keberlanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, N., & Chusni, M. M. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Energi Terbarukan. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 248-252. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1114.

Ardiyanti, F., & Nuroso, H. (2021). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA dalam Pembelajaran Fisika. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 4(1), 21–26. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.945.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Borich, G. D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. New York: McMillan Publishing Company.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. 722, 84). New York: Springer.

Ennis, R. H. (1985). Critical Thinking: Its Nature, Measurement, and Improvement. Washington: National Inst. of Education.

Fidela, D. A., Rosidin, U., & Anggreini, A. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika untuk Memetakan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Menggala. Visipena, 14(1), 53-67. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2107.

Ismail, M. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran : Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Rajawali Pers.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Keterampilan Pembelajaran pada Abad-21 Disiapkan untuk Sambut Bonus Demografi, (Online), (https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/keterampilan-pembelajaran-pada-abad-21-disiapkan-untuk-sambut-bonus-demografi-indonesia/, diakses 21 Januari 2025).

Mappalesye, N., Sari, S. S., & Arafah, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 17(1), 69-82.

OECD. (2023). Result from PISA 2022 Country Note Indonesia, (Online), (https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2022_CN_IDN.pdf, diunduh 21 Januari 2025).

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87-94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092.

Rahmadayanti, D., Zaini, M., & Kaspul, K. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif: Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Menggunakan LKPD-Elektronik. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 65-77. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.20.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Tipe PISA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185.

Saphira, H. V., Rizki, I. A., Alfarizy, Y., Saputri, A. D., Ramadani, R., & Suprapto, N. (2022). Profile of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Learning: A Preliminary Study of Games Application Integrated Augmented Reality. Journal of Physics: Conference Series, 2377(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2377/1/012088.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sulasih, S., Mufidatik, M., & Fauziyah, N. (2022). Literasi dan Numerasi Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Sigma, 7(2), 151-164. http://doi.org/10.53712/sigma.v7i2.1396

Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.11445.

Susilowati, E., Hartini, S., Suyidno, S., Mayasari, T., & Winarno, N. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 5, No. 1, pp. 119-125).

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berorientasi Programme for International Student Asessment (PISA) pada Peserta Didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57-68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069.

UNESCO. (2022). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Widarti, R., & Roshayanti, F. (2021). Potensi Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) berorientasi ESD (Education for Sustainable Development) dalam Pembelajaran Fluida. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(3), 290-295. https://doi.org/10.15294/upej.v10i3.55702.

Wijayanti, R., & Siswanto, J. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sumber-Sumber Energi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 109-113. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.5533.

Yuliantaningrum, L. I. N. A., & Sunarti, T. (2020). Pengembangan Instrumen Soal Hots untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus pada Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 76-82.

Downloads

Published

09-11-2025

How to Cite

Vety Zahrotul Widad, & Wasis. (2025). Pengembangan Instrumen Tes Berorientasi Education For Sustainable Development (ESD) Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global. Inovasi Pendidikan Fisika, 14(3), 1–15. https://doi.org/10.26740/ipf.v14n3.p1-15
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.