Karakteristik Instrumen dan Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v12n1.p1-12Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan informasi tentang karakteristik instrumen penilaian dan profil berpikir kritis pada materi fluida dinamis. Profil kemampuan berpikir kritis siswa juga disertakan sebagai bukti penerapan instrumen yang telah teruji kehandalannya. Pengembangan instrumen mengunakan model ADDIE telah berhasil mendapatkan 7 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Hasil validitas logis instrumen mendapatkan penilaian 88% mencakup ranah materi, konstruk, dan bahasa. Hasil validitas empiris instrumen berpikir kritis untuk soal pilihan ganda dan uraian masing-masing berkisar antara 0,692 sampai 0,814 dan 0,431 sampai 0,847. Untuk nilai reliabilitas masing-masing jenis soal mencapai 0,918 dan 0,769 dengan kategori sangat tinggi dan tinggi, untuk tingkat kesukan soal pilihan ganda berkisar antara 0,292 - 0,125 dengan kategori sukar. Pada daya pembeda soal pilihan ganda berkisar 0,25 - 0,583 dengan kriteria cukup hingga baik. Persentase profil indikator berpikir kritis soal pilihan ganda yakni focus (mengidentifikasi), reason (alasan), inference (kesimpulan), dan situation (fakta), clarity (konsep) dan overview (evaluasi) memiliki nilai yang sama yakni sebesar 16,7%. Pada 6 indikator soal uraian dengan persentase nilai tertinggi yakni focus sebesar 39,1% dan nilai terendah yakni reason sebesar 7,9%.
Kataikunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Instrumen, dan Validasi