Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah pada Materi Hukum Newton
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p50-58Abstract
Abstrak
Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA dalam pemecahan masalah pada materi Hukum Newton. Instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi dikembangkan menggunakan metode ADDIE dan pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Jogoroto Jombang tahun ajaran 2020/2021. Instrumen disusun dalam bentuk uraian, mengacu pada indikator soal, aspek berpikir tingkat tinggi, dan aspek pemecahan masalah. Hasil validasi logis menyatakan 92,7% penilaian ahli dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda item diperoleh 15 item instrumen valid, reliabel, dan mampu mendeskripsikan profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA dalam pemecahan masalah. Hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA dalam pemecahan masalah pada materi Hukum Newton berada pada kategori sedang dengan persentase 52,1%. Efektivitas penggunaan instrumen oleh pengguna (siswa) dalam kategori efektif (72,2%). Hasil analisis profil kemampuan siswa SMA dalam berpikir tingkat tinggi pada pemecahan masalah berada pada kategori cukup.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir tingkat tinggi, pemecahan masalah.
Abstract
This quantitative descriptive study aims to describe high school students' high-level thinking skills profile in problem-solving in Newton's Law material. The instrument for higher-order thinking skills developed by the ADDIE method and data collection used to test and questionnaire techniques. This research was students of class XI MIPA at SMA Negeri Jogoroto Jombang for the 2020/2021 academic year. The instrument was arranged in a description, referring to the problem indicators, higher-order thinking aspects, and problem-solving aspects. The logical validation results stated that 92.7% of the expert's assessment was in the very valid category. Based on the empirical data of item test, obtained 15 test items based on the results of the test items' feasibility are valid, reliable, difficulty level, and distinctive power. The test items are feasible and can be used to describe the students' high-level thinking skills profile. The results of high-level thinking high school student ability to solve problems in Newton's Law material were in the medium category with a percentage of 52.1%. The effectiveness of using the instrument by users (students) was in the useful category (72.2%). The high school student ability profile in high-order thinking on problem-solving was in the sufficient category.
Keywords: Higher-order thinking skills, problem-solving.