Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • MIFTAHUL JANNAH
  • WASIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan buku ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran dan kontribusinya terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi yang terdistribusi normal dan homogen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran serta analisis penilaian hasil tes menggunakan uji-t berpasangan dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan buku ajar berbasis CTL dalam pembelajaran Fisika terlaksana sangat baik dengan rata-rata skor kelas eksperimen, kelas replikasi I, dan kelas replikasi II secara berurutan adalah 92,39%, 93,48% dan 92,93%. Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan yang signifikan dengan kategori sedang, sedangkan pada aspek keterampilan semua peserta didik mencapai ketuntasan, Berdasarkan hasil-hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan buku ajar berbasis CTL memberikan kontribusi pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: buku ajar, contextual teaching and learning, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-07-2018

How to Cite

JANNAH, M., & WASIS. (2018). Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/24153

Issue

Section

Articles
Abstract views: 80 , PDF Downloads: 34

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>