ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTs) MATA PELAJARAN FISIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

  • SITI KHOIRUN NISA
  • WASIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis soal Fisika UN, USBN, dan UAS SMA berdasarkan indikator HOTs, mengetahui kualitas soal yang dikembangkan, dan hasil kemampuan HOTs peserta didik antar sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kuantitatif dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA di SMAN 5 Surabaya, SMAN 3 Surabaya, SMAN 1 Tuban, dan SMAN 1 Plumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase soal UN, USBN, dan UAS kelas XI Fisika SMA tahun pelajaran 2016-2017 ditinjau dari domain kognitif taksonomi Bloom yang direvisi menganalisis (C-4) secara berurutan sebesar 86%, 86%, dan 100%. Sedangkan level mengevaluasi (C-5) secara berurutan sebesar 14%, 14%, dan 0%. Soal yang telah diuji coba terdiri dari 2 soal Lower Order Thinking Skills (LOTs) dengan persentase 14,3% dan 12 soal HOTs dengan perbandingan soal menurut taksonomi Bloom yang direvisi yaitu 64,3% level menganalisis dan 21,4 % level mengevaluasi. Kualitas soal yang dikembangkan baik dibuktikan dengan validitas, reliabilitas, daya beda soal baik. Sedangkan hasil uji coba yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMAN 5 Surabaya, SMAN 3 Surabaya, SMAN 1 Tuban, dan SMAN 1 Plumpang secara berurutan adalah 60,3; 56,9; 48,9; dan 37,8. Kesimpulan penelitian ini yaitu soal UN, USBN, dan UAS yang berada dilapangan masih tergolong rendah dalam mengukur HOTs dan untuk soal yang telah dikembangkan memiliki kualitas baik dan layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Analisis, Pengembangan, HOTs, Kualitas Soal



Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 292