Validity of Classroom-Based Assessment Instruments for Measuring Students' Scientific Literacy Competence on Global Warming Material
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dari instrumen penilaian berbasis kelas yang dikembangkan. Kualitas ini berupa validitas teoritis dan validitas empiris instrumen penilaian berbasis kelas pada materi pemanasan global. Instrumen yang dikembangkan yaitu instrumen penilaian kelas pada aspek pengetahuan, keterampilan serta sikap dengan indikator literasi sains. Instrumen ini diharapkan dapat digunakan untuk mengukur kompetensi literasi sains pada peserta didik. Tahap penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE terbatas yaitu hanya pada tahap Analysis, Design dan Development. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode angket untuk mengetahui validitas teoritis dan metode tes untuk mengetahui validitas empiris. Validitas teoritis dilakukan oleh 3 validator ahli, sedangkan validitas empiris dlakukan melalui uji coba terbatas kepada mahasiswa. Instrumen penilaian yang dikembangkan yaitu berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal. Hasil validitas teoritis instrumen pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap dinyatakan layak digunakan dengan kriteria sangat valid. Validitas empiris yang meliputi validitas empiris butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda didapatkan hasil yaitu 9 butir soal dari 30 soal dinyatakan tidak alid dan tidak digunakan. Sedangkan sisa soal yaitu 21 butir soal dinyatakan valid dan dapat digunakan. Butir soal tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengukur profil literasi sains pada peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

