Pengembangan Instrumen Soal Terintegrasi Permainan Tradisional Kelereng untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p170-176Keywords:
instrumen soal, permainan tradisional kelereng, keterampilan berpikir kritis, peserta didik SMAAbstract
Keterampilan abad 21 sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik guna menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Salah satu kompetensi utamanya adalah berpikir kritis, yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mencakup identifikasi asumsi, pemanfaatan pengetahuan sebelumnya, penalaran logis, dan pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang instrumen soal yang mengukur keterampilan berpikir kritis dengan mengintegrasikan permainan tradisional kelereng, serta mengevaluasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum, impuls, dan tumbukan. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, dengan teknik pengumpulan data berupa angket validasi, angket respons, wawancara, dan tes berpikir kritis. Uji coba dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Surabaya dan siswa SMA Ta’miriyah Surabaya. Hasil validasi logis menunjukkan tingkat kesesuaian 100% untuk aspek isi, 96,55% untuk konstruksi, dan 92,31% untuk kebahasaan. Dari 20 soal yang dikembangkan, 12 di antaranya terbukti valid secara empiris dengan reliabilitas sedang (0,529). Hasil angket dan wawancara menunjukkan respons positif. Profil berpikir kritis peserta didik terdistribusi sebagai berikut: 5% sangat tinggi, 23% tinggi, 57% sedang, 11% rendah, dan 4% sangat rendah. Oleh karena itu, instrumen ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam mengukur keterampilan berpikir kritis.
Downloads
References
Akwantin, Y. T., Hidayati, Y., Qomaria, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., Kunci, K., Kemampuan, :, Kritis, B., Global, P., & Menengah Pertama, S. (n.d.). PROFIL TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. In Jurnal Natural Science Educational Research (Vol. 5).
Ansumarwaty, F., & Busyairi, A. (2021). Analisis Hukum Kekekalan Momentum pada Permainan Tradisional Kelereng dengan Menggunakan Video Stop Motion untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 517–521. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.243
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayu, R., Dewi, M., Nuzul Agnafia, D., & Setyowati, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Komik Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fotosintesis Kelas IV SD Negeri. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 841–850. https://jurnaledukasia.org
Borich, G. D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. New York: McMillan Publishing Company.
Dewi, D. R., Harsiati, T., & Basuk, I. A. (2024). Validitas isi butir soal pada ujian akhir sekolah Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2023/2024 di SMAN 1 Panji Situbondo. Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(3). DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3886.
Haryanti, H., Susongko, P., & Arfiani, Y. (2024). Pengembangan instrumen penilaian berpikir kritis menurut Facione pada pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama berbasis model Rasch. Pancasakti Science Education Journal (PSEJ), 8(1), 78–87. https://doi.org/10.24905/psej.v9i2.207.
Hermawan, M. A., Supriyadi, Masturi, Ellianawati, Susilo, Marwoto, P., Mindyarto, B. (2021). Analisis Respons Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 12 No. 2 – September 2021, p138-142 p-ISSN 2086-2407, e-ISSN 2549-886X DOI:10.26877/jp2f.v12i2.8067.
Ilmiah, B., Biologi, P., Rini, A. F., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., & Surabaya, U. N. (2022). BioEdu The Development Of HOTS Assessment To Measure Problem Solving Skill In The Human Movement System Topic Widowati Budijastuti (Vol. 11, Issue 1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu.
Jannah, A., Mayub, A., dan Hamdany D. (2021). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 pada Aspek Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa SMA Negeri Bengkulu dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika Vol. 4 No. 2 , Agustus 2021, Hal. 93-102 e-ISSN: 2655-1403 pISSN: 2685-1806
https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.93-102
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., dan Nuriadin I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Vol. 5 No. 1 Maret 2022 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu ISSN. 2621-9832
Megawati, A. Y. I., Lukito, A., dan Rachmasari D. H. (2023). Integrasi Project Based Learning dengan Stem pada Pembelajaran Fisika sebagai Pendekatan Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia VOL 2 NO 5 MARET 2023 E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620
Nugraha, M. G., Suhandi, A., Rusnayati, H., Novia, H., & Susanti, H. (2023). Meningkatkan Kompetensi Guru SMA/MA dalam Mendesain Eksperimen Fisika sebagai Upaya Melatihkan Keterampilan Abad 21. Wahana Pendidikan Fisika, 8(2), 155-160. https://doi.org/10.17509/wapfi.v8i2.43969.
Rini, A. F., dan Budijastuti, W. (2022). Pengembangan Instrumen Soal HOTS untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Gerak Manusia. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 11 No. 1 Tahun 2022 Hal: 127-137 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu.
Rumiati, Handayani, R. D., dan Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik pada Permainan Tradisional Egrang sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro Vol. 9, No. 2, September 2021, pp. 131-146 e-ISSN: 2442-4838 p-ISSN: 2337-5973 http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570.
Safitri, M., dan Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 2, 2022. Hal 50-58. e-ISSN. 2746-1211 http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Yuliantaningrum 20. (n.d.).
Yuliawati, S., Putra, I. A., & Prihatiningtyas, S. (2023). VALIDASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI FLUIDA DINAMIS: PENELITIAN PENGEMBANGAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT. In UNIVERSITAS NEGERI MALANG SABTU (Vol. 8).
Yurika, A., Megawati, I., Lukito, A., Rachmasari, D. H., Sebelas Maret, U., Kunci, K., & Pendidikan, : (n.d.). HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA INTEGRASI PROJECT BASED LEARNING DENGAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI PENDEKATAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dita Alifia, Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 69
,
PDF Downloads: 54



