ANALISIS SOAL-SOAL DALAM BSE (BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK), UN (UJIAN NASIONAL) DAN TIMSS (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY) DITINJAU DARI DOMAIN KOGNITIF DAN INDIKATOR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

  • Qurotul Novida Barmoyo
  • Wasis -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan soal-soal BSE, UN, dan TIMSS ditinjau dari domain kognitif dan indikator keterampilan berpikir kritis. Domain kognitif meliputi pengetahuan (knowing), penalaran (reasoning), dan penerapan (applying) dalam kehidupan sehari-hari. Indikator keterampilan berpikir kritis yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari memberikan penjelasan dasar, aplikasi, memberikan penjelasan lanjut atau menganalisis, menyimpulkan, dan mengatur strategi dan taktik. Penelitian ini menganalisis soal BSE (7 buku), soal UN tahun 2012/2013, serta soal TIMSS tahun 2007 dan 2011. Analisis domain kognitif dan indikator keterampilan berpikir kritis disajikan berupa tabel kemudian dibuat dalam bentuk diagram dan dikomparasikan hingga diperoleh simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) ditinjau dari domain kognitif soal-soal BSE dominan pada aspek penerapan (applying) sebesar 48%, soal UN dominan pada aspek pengetahuan (knowing) sebesar 35%, dan soal TIMSS dominan pada aspek penerapan (applying) sebesar 47%; 2) ditinjau dari indikator keterampilan berpikir kritis soal BSE dominan pada indikator 1 (memberikan penjelasan dasar) sebesar 51%, soal UN dominan pada indikator 2 (aplikasi) sebesar 41%, dan soal TIMSS dominan pada indikator 1 (memberikan penjelasan dasar) 47%; 3) ditinjau dari perbandingan kemampuan yang diuji menunjukkan bahwa soal TIMSS sesuai dengan materi yang diberikan melalui soal BSE dan soal UN karena memenuhi 13 dari 17 indikator SKL; 4) apabila dibandingkan berdasarkan domain kognitif menunjukkan bahwa aspek pengetahuan (knowing) dan aspek penalaran (reasoning) dominan dilatihkan pada soal UN, sedangkan aspek penerapan (applying) dominan dilatihkan pada soal BSE; 5) apabila dibandingkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan bahwa indikator 1 (memberikan penjelasan dasar) dominan dilatihkan pada soal BSE, indikator 2 (aplikasi) dominan dilatihkan pada soal UN, indikator 3 (memberikan penjelasan lanjut atau menganalisis) dominan dilatihkan pada soal TIMSS, dan indikator 4 (menyimpulkan) dominan dilatihkan pada soal UN, sedangkan indikator 5 (mengatur strategi dan taktik) tidak terdapat soal yang dilatihkan pada soal BSE. Soal UN, dan soal TIMSS. Kata Kunci : Domain kognitif, indikator keterampilan berpikir kritis, BSE, UN, TIMSS Abstract This research aimed to describe the comparative problems of BSE, UN , and TIMSS in terms of cognitive domains and indicators of critical thinking skills. Cognitive domain includes knowing, reasoning, and applying in life. Indicators of critical thinking skills that are used in this researchconsist of giving a basic explanation, application, provide further explanation or analyze, summarize, and organize strategies and tactics. This research are analyzed about BSE (7 books), UN in 2012/2013, then TIMSS 2007 and 2011. Analysis of cognitive domains and indicators of critical thinking skills are presented in the form of a tables then created in the form of diagrams and compared to obtain a conclusion. The results showed that: 1) based on the cognitive domainsof BSE dominant atapplying by 48%, national examination dominant atknowing by 35%, and TIMSS dominant at applyingby 47 %; 2) based on indicators of critical thinking skills of BSE dominant at indicator 1 (giving a basic explanation) by 51%, national examination dominant at indicator 2 (application) by 41%, and TIMSS dominant at indicator 1 (giving a basic explanation) by 47%; 3) based on the comparison indicate that the ability of the TIMSS tested in accordance with the material given by the BSE and UN because it meets 13 of the 17 indicators SKL; 4) when compared by cognitive domain suggests that knowing and reasoning dominant trained at UN problems, then applyingdominant trained at BSE problems; 5) when compared by indicators of critical thinking skills show that the indicator 1 (giving a basic explanation) dominanttrained on BSE problems, indicator 2 (application) dominant trained on UN problems, indicator 3 (giving further explanations or analyzes) dominant trained on TIMSS problems, and indicator 4 (concluded) dominant trained on UN problemas, while the indicator 5 (set of strategies and tactics) there is no problems about who trained in BSE, UN, and TIMSS. Keywords : Cognitive domains, indicators of critical thinking skills, BSE, UN, TIMSS.
Published
2014-02-12
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 74