PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF BILINGUAL PADA MATERI POKOK KALOR UNTUK SMA KELAS X

  • Dewanta Arya Nugraha
  • Wasis -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan respons siswa terhadap e-Book interaktif bilingual yang dikembangkan. Validitas didasarkan pada komponen penyajian ilustrasi, kebahasaan, dan kesesuaian materi dengan Standar Kompetensi serta Kompetensi Dasar yang berlaku untuk SMA kelas X pada materi kalor. Pengembangan e-Book pada penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia yang dikemukakan oleh Peter Fenrich. Media e-Book interaktif bilingual yang dikembangkan dinilai oleh 3 orang dosen dan 3 orang guru fisika serta diuji respons pada 32 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Magetan yang telah menerima materi kalor. Media e-Book dikatakan layak apabila persentase penilaian kategori baik dari validator dan memperoleh respon positif siswa ≥ 61%. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan, media e-Book interaktif bilingual pada materi pokok kalor yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran untuk SMA kelas X. Persentase kelayakan e-Book interaktif bilingual ini pada kriteria materi yaitu sebesar 85,94% dengan kategori sangat layak, kriteria penyajian sebesar 90,06% dengan kategori sangat layak, dan pada kriteria kebahasaan memperoleh persentase sebesar 84,38% dengan kategori sangat layak. Dari hasil uji respons siswa diperoleh respons positif dengan persentase rata-rata sebesar 97,66%. Persentase respons siswa pada kriteria kejelasan format e-Book sebesar 100% dengan kategori sangat layak, kriteria kebahasaan sebesar 95,31% dengan kategori sangat layak, kriteria penyajian 95,31% dengan kategori sangat layak, dan pada kriteria Ilustrasi sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan pada bagian evaluasi yang berupa soal essay, sebaiknya dikembangkan lagi sehingga dapat ditampilkan nilai secara langsung agar lebih interaktif. Kata Kunci: e-Book, interaktif bilingual, kalor. Abstract This study aims to describe the validity and student responses to the developed bilingual interactive e-Book. Validity is based on the component of illustrations presentation, linguistic, and material accordance with Competence Standard and Basic Competence applicable to high school in the tenth grade on material of heat. The development of e-Book in this study using a multimedia development model proposed by Peter Fenrich. The developed bilingual interactive e-Book media is assessed by 3 physics lecturers and 3 physics teachers, also it’s tested by 32 students of class XI SMA Negeri 1 Magetan who had received the material of heat. The e-Book media is feasible if the percentage of categories assessment done by both of validator and students gains a positive response of ≥ 61%. Based on the assessment that has been carried out, the developed bilingual interactive e-Book media on the subject matter of heat is feasible to be used as a learning instrument for first year student of senior high school. The feasibility percentage of this bilingual interactive e-Book on material criteria is equal to 85.94% with very decent categories, the presentation categories of 90.06% with a very decent category, and on linguistic criteria earn a percentage of 84.38% with a very decent category. From the test results of students' responses to the percentage of positive responses obtained an average of 97.66%. Percentage of student responses to the criteria of clarity of the format of e-Book is 100% with a very viable category, linguistic criteria of 95.31% with a very viable category, 95.31% on the categories to the category of very decent, and the illustration criteria of 100% with category of very feasible. Further studies are expected to develop, especially, essay evaluation section more, as it should be developed further so that the score can be displayed simultaneously in order to make it more interactive.
Keywords: e-Book, bilingual interactive, heat.
Published
2014-02-12
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 38