Pengaruh Model Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Fisika Elastisitas dan Hukum Hooke
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pemanfaatan Inquiry Based Learning dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, mengevaluasi perkembangan
kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan Inquiry Based Learning, dan menilai
umpan balik yang diberikan oleh peserta didik mengenai penerapan Inquiry Based Learning.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, khususnya menggunakan desain kuasi
eksperimen. Desain penelitian yang dipilih adalah “Nonquivalent Control Group Design”, yang
terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas-kelas ini tidak dipilih secara
acak. Partisipan penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.A dan XI.B SMA Kartika IV-3
Surabaya pada semester kedua tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan pengumpulan data yang
digunakan meliputi metode observasi, tes soal pilihan ganda, dan kuesioner. Data untuk
penelitian ini dikumpulkan dari lembar observasi dan dianalisis dengan menggunakan teknik
skoring berdasarkan kriteria penilaian. Hasil pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan
uji-t berpasangan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis
peserta didik setelah penerapan Inquiry Based Learning. Perhitungan n-gain kemudian dilakukan
untuk mengukur besarnya peningkatan tersebut. Selain itu, hasil kuesioner respon dianalisis
berdasarkan pilihan jawaban peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model Inquiry Based Learning pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke berhasil. Selain itu,
penerapan model ini terbukti secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta
didik, dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,64 pada kategori sedang hingga tinggi. Selain itu,
84% peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapan model Inquiry Based Learning
dalam pembelajaran fisika, yang dibuktikan dengan antusiasme dan partisipasi aktif peserta
didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

