Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Siswa

Authors

  • Bela Desi Tranias Cahyono Universitas Negeri Surabaya
  • Dwikoranto Dwikoranto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p1-7

Abstract

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu  mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning serta implikasi terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah librabry research yaitu penelitian kepustakaan dengan metode pengumpulan data yang digunakan untuk  menganalisis artikel dari beberapa sumber yang relevan. Pada artikel ilmiah ini menggunakan teknik analisis mengorganisasikan literasi yang akan diriview; menyatukan hasil organsasi literasi menjadi suatu ringkasan untuk menjadi literasi yang padu; mengidentifikasi literatur untuk disimpulkan. Menurut hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik dalam bidang fisika. Peningkatan keterampilan berpikir peserta didik juga mempengaruhi penigkatan pemahaman konsep fisika, hal tersebut dapat dilihat dari nilai pre-test dan post-test. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik khusunya dalam mata pelajaran fisika

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Problem Based Learning

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the application of the Problem Based Learning learning model and its implications for improving critical thinking skills. The type of research used in this article is librabry research, which means that library research with data collection methods is used to analyze articles from several relevant sources. This scientific article uses analytical techniques to organize the literacy to be reviewed; unifying the results of literacy organizations into a summary to become integrated literacy; To identify the literature to conclude, according to the results of the study, it was found that the application of the problem based learning model could improve the thinking skills of students in physics. The increase in thinking skills of students also affects the increase in understanding of physics concepts, this can be seen from the pre-test and post-test scores. It can be concluded that the problem based learning model can improve the critical thinking skills of students, especially in physics subjects.

 

Keywords: Critical Thinking Skills, Concept Understanding, Problem Based Learning.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-21

Issue

Section

Teori dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Abstract views: 216 , PDF Downloads: 325