Validitas Perangkat Model Pembelajaran Case Based Learning Untuk Melatihkan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Getaran Harmonis Sederhana

  • Dyah Puspita Universitas Negeri Surabaya
  • Dwikoranto Dwikoranto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model Case Based Learning (CBL) untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah yang dihadapi peserta didik pada materi getaran harmonis sederhana. Penelitian ini dikaji berdasarkan hasil validasi oleh dosen ahli. Case Based Learning (CBL) merupakan model pembelajaran yang menggunakan kasus nyata sebagai sarana pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen validasi. Skor penilaian validator  menggunakan kategori  skala Likert. Perangkat pembelajaran silabus dinyatakan valid dengan nilai kevalidan sebesar 3.00; RPP 3.05 (sangat valid); handout 2.86 (valid); LKPD 3.10 (sangat valid); kisi-kisi soal pre-test post-test 3.35 (sangat valid); lembar keterlaksanaan pembelajaran 3.60 (sangat valid) dan lembar angket respon dari peserta didik sebesar 3.58 (sangat valid). Berdasarkan nilai hasil validitas, perangkat model pembelajaran Case Based Leaarning (CBL) layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Nilai reliabilitas perangkat pembelajaran berada dalam kriteria tinggi sehingga dapat dipercaya sebagai instrumen pengambilan data saat penelitian.

 Kata Kunci: validitas perangkat pembelajaran, case based learning, pemecahan masalah

 

Abstract

This study aimed to describe the validity of physics learning instrument by using a Case Based Learning model to improve student’s problem solving skills on simple harmonic motion. This study assesed based on validation by expert lecturers. Cace Based Learning is an educational learning model where students are required to apply their knowledge to real-world phenomena. The method on this study is qualitative descriptive. Data collection techniques in this study used a validation instrument. The Score, the validator’s value use is the Likert scale category. The learning instrument syllabus is considered valid if the point reaches 3.00; lesson plan 3.05 (very valid); handout 2.86 (valid); LKPD 3.10 (very valid); pre-test post-test quetions grid 3.35 (very valid); learning achievement sheet 3.60 (very valid); and student quesstionnaire response sheet at 3.58 (very valid). Based on the value of the validity results, the Case Based Learning model (CBL) learning instrument is suitable for use as a research instrument. The reliability value of the learning instrument is in the high criteria and it can be trusted as an instrument for data collection during research.

 Keywords: validity of learning instrument, case based learning, problem solving

Published
2020-08-13
Section
Teori dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 727
PDF Downloads: 350