Analisis Perkembangan Kompetensi 4C Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Learning

  • Nur Wahyuni Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Dwikoranto Dwikoranto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kurikulum 2013 diadaptasi dari keterampilan abad 21 yang dibantu dengan pelaksaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dengan harapan agar siswa memiliki keterampilan 4C. Bentuk inovasi kegiatan pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu pembelajaran berbasis elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kompetensi 4C siswa dengan model pembelajaran PBL berbantuan e-learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Mixed Methods Research (MMR), dimana dalam penelitian mengkombinasi jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIPA 7 semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kompetensi 4C siswa dapat dianalisis dengan model pembelajaran PBL berbantuan e-learning. Terjadi peningkatan kompetensi berpikir kritis dan kreatif siswa, yang dibuktikan dengan hasil N-gain. Pada nilai N-gain untuk tingkat kompetensi berpikir kritis didapatkan hasil sebesar 0,78 dengan ketegori “tinggi”, dan nilai N-gain pada peningkatan kompetensi berpikir kreatif didapatkan hasil 0,70 dengan kategori “sedang”. Pada penelitian untuk mengetahui tingkat kompetensi kolaborasi dan komunikasi siswa didapatkan rata-rata interval sebesar 52,22 dan 50,87 dengan ketegori “cukup baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran PBL berbantuan e-learning mampu menganalisis tingkat kompetensi 4C pada siswa.

 

Kata kunci: 4C, Problem Based Learning, e-learning

Published
2022-07-13
Section
Teori dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 316
PDF Downloads: 246