Kajian Analisis Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika

  • Amelia Cristanti Saiful Universitas Negeri Surabaya
  • Dwikoranto Dwikoranto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran CUPs (Conceptual Understanding Procedures) untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Metoda pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan, mempersiapkan serta menganalisis data obyek yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dengan menguraikan data yang diperoleh dari hasil penelitian yang relevan. Data sekunder dipilih menjadi sumber data dalam penelitian ini. Data tersebut  berasal dari jurnal, artikel, skripsi maupun  data yang bersumber dari internet. Hasil kajian dari penelitian terdahulu yang relevan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CUPS dapat meningkatkan hasil belajar, curriosity dan penguasaan konsep fisika peserta didik.

 

Kata Kunci: CUPs, Hasil Belajar, studi literatur

 

 

Abstract

This study aims to describe the application of Conceptual Understanding Procedures (CUPs) learning models for improving physics’ learning achievement. This research uses the type of library research. Data collection method is collecting, preparing and analyzing data of the object under previous study. Data analysis technique is done by descriptive analysis by describing the data obtained from relevant research results. Secondary data is the main source in this study. The data comes from journals, articles, theses and internet. The results of studies from previous relevant studies show that the application of the learning model of CUPs can improve learning achievement, curriosity and mastery of students' physics concepts..

 

Keywords: CUP, Learning Outcomes, literature study

Published
2020-08-10
Section
Teori dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 173