Pengaruh Model Blended Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p10-15Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh blended PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain penelitian one group pre-test post-test dengan eksperimen semu (quasi experiment). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga jumlah sampel yang digunakan yaitu 26 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, tes dan lkpd percobaan sesuai dengan kategori kemampuan berpikir kreatif yang telah melalui uji validitas terlebih dahulu. Uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain merupakan teknik analisis data yang digunakan. Dari hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran berbasis model blended PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa menurut uji Paired Sample T yang dilakukan dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Kemampuan berpikir kreatif siswa juga mengalami peningkatan dalam kategori tinggi setelah penerapan model blended prjocet based learning dalam uji N-Gain dengan skor sebesar 0,75. Selama pengerjaan tugas proyek siswa lebih aktif dan memiliki inisiatif pemecahan masalah secara mandiri.
Kata kunci: Blended Learning, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif