PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TEKNIK INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 JOMBANG

  • MAULIDYA FADILAH
  • DWIKORANTO DWIKORANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan teknik Index Card Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan satu kelas eksperimen, selain mengamati hasil belajar juga ditinjau keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode obsevasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan teknik Index Card Match berkategori sangat baik pada penguji 1 dan 2, yaitu 83,9 dan 85,7 (2) hasil belajar peserta didik meningkat secara signifikan antara sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan teknik Index Card Match dengan rata-rata skor n-gain 0,75 dengan katagori sedang 37% dan katagori tinggi 63% (3) nilai keterampilan pada proses praktikum menunjukkan nilai rata-rata 75 dan nilai rata-rata sikap 77 (4) respon peserta didik terhadap pembelajaran model kooperatif tipe STAD berada pada kategori sangat baik, dengan persentase yaitu 84%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan teknik Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan

Kata Kunci: kooperatif, STAD, Index Card Match, quasi experiment.

 

Abstract

This research was conducted to find out the improvement of learning outcomes by applying STAD type cooperative learning models with Index Card Match technique. This type of research is a quasi experiment with the design of One Group Pretest-Posttest. The study used an experimental class, in addition to observing the learning outcomes also reviewed the implementation of learning and student responses. The data collection methods used are observation, tests and questionnaires. Based on the results of the analysis showed that: (1) the implementation of the STAD type cooperative learning model with Index Card Match technique was categorized very well on examiners 1 and 2, namely 83.9 and 85.7 (2) the learning outcomes of students increased significantly between before and after applying STAD type cooperative learning model with Index Card Match technique with an average score of n-gain 0.75 with moderate category 37% and high category 63% (3) the value of skills in the practicum process shows an average value of 75 and an average value attitude 77 (4) the students response to learning the STAD type cooperative model is in the very good category, with a percentage of 84%. Thus, it can be concluded that learning STAD type cooperative learning with Index Card Match technique can significantly improve student learning outcomescategories

Keyword: cooperative, STAD, Index Card Match, quasi experiment

Published
2020-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 43