KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

  • NADIA FITRI INSANI
  • TITIN SUNARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat untuk meningkatkan literasi sains dalam pembelajaran fisika di MAN 1 Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini adalah 103 peserta didik dari tiga kelas X di MAN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dengan menghitungan persentase data yang diperoleh dari modifikasi rating scale. Skor rata-rata yang diperoleh dari jumlah seluruh skor keterlaksanaan pembelajaran dikonversikan ke kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dalam meningkatkan literasi sains peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor 3,2. Kendala yang dihadapi saat penelitian adalah waktu penelitian yang singkat dan kemampuan proses sains yang dimiliki peserta didik masih rendah. Sehingga diperlukan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan penelitian yang lebih baik dan melatihkan kemampuan proses sains kepada peserta didik sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan model Sains Teknologi Masyarakat.

Kata kunci : Sains Teknologi Masyarakat, keterlaksanaan pembelajaran.

Abstract

This study aims to describe the implementation of learning model of Science Technology Society in physics learning. The subjects of this study were 103 students from three classes of X in MAN 1 Sidoarjo. Type of research used is pre experiment with one group pretest posttest design. The instrument used is the observation sheet of learning implementation, the student’s observation sheet, the science literacy test sheet, the student’s response questionnaire. The result of the observation of the learning implementation is analyzed by calculating the percentage of data obtained from the rating scale modification. The average score derived from the total score of learning effectiveness is converted to the assessment criteria for the implementation of learning. The result of the research shows that the implementation of learning model of Science Technology Society in improving the science literacy of students is included in the good category with the average score of 3,2. Obstacles encountered during the study is a short research time and the ability of the science process of that is owned by students is low. So it takes a longer time to produce better research and trained the ability of the science process to learners before implemented learning with the model of Science Technology Society.

Keywords: Science Technology Society, implementation of learning
Published
2018-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 238
PDF Downloads: 244