KETERLAKSANAAN MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN AGRUMENTASI PESERTA DIDIK KELAS X MADRASAH ALIYAH BILINGUAL KRIAN

  • QURATUN AMALIAH
  • TITIN SUNARTI

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Case Based Learning (CBL) untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik di Madrasah Aliyah Bilingual Krian. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan one group pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 78 peserta didik dari tiga kelas X di Madrasah Aliyah Bilingual Krian. Instrument yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dengan menghitung skor yang diperoleh dibagi skor rata – rata dikali seratus. Persentase skor yang diperoleh dikonversikan ke kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterlaksanaan model CBL dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata – rata persentase 91,40%. Kendala yang dihadapi saat penelitian adalah pada aspek mencari informasi dan membuat langkah – langkah penyelesaian peserta didik membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan peserta didik belum terbiasa untuk berargumen dalam memecahkan masalah, sehingga peserta didik terlebih dahulu dikenalkan mengenai keterampilan argumentasi sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan model CBL.

Kata kunci: Case Based Learning, keterlaksanaan pembelajaran
Published
2019-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 62