Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Spot Capturing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Gerak Harmonik Sederhana

Authors

  • PUTRI NANDA AGUSTIN
  • WASIS

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, motivasi, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode spot capturing. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Rengel dengan sampel sebanyak tiga kelas dengan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi, yaitu kelas X MIPA 2, X MIPA 1, dan X MIPA 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan tes. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, data yang diperoleh terdistribusi normal dan sampel berasal dari varians yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode spot capturing terlaksana dengan sangat baik; 2) Berdasarkan analisis n-gain, motivasi belajar siswa meningkat dalam kategori sedang di tiap kelas; 3) Berdasarkan analisis uji-t berpasangan dan n-gain, hasil belajar siswa aspek pengetahuan mengalami perbedaan dan peningkatan yang signifikan dalam kategori sedang di setiap kelasnya. Hasil belajar siswa aspek keterampilan pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua berada dalam kategori baik di setiap kelasnya. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode spot capturing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : kooperatif tipe STAD, metode spot capturing, motivasi, hasil belajar






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-05-2019

How to Cite

NANDA AGUSTIN, P., & WASIS. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Spot Capturing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27927

Issue

Section

Articles
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 44