MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENILAIAN KINERJA BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH PESERTA DIDIK

Authors

  • NIKEN OKTAVIANI
  • WASIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir ilmiah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penilaian kinerja berbasis laboratorium. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan rancangan one-group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan tiga kelas dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan dua kelas sebagai kelas replikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir ilmiah peserta didik terjadi peningkatan secara signifikan pada kategori sedang dengan skor n gain sebesar 0,53; 0,53; dan 0,39 dan konsisten meningkat pada ketiga kelas.












Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-05-2019

How to Cite

OKTAVIANI, N., & WASIS. (2019). MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENILAIAN KINERJA BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH PESERTA DIDIK. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27865

Issue

Section

Articles
Abstract views: 66 , PDF Downloads: 51

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>