MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENILAIAN KINERJA BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir ilmiah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penilaian kinerja berbasis laboratorium. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan rancangan one-group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan tiga kelas dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan dua kelas sebagai kelas replikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir ilmiah peserta didik terjadi peningkatan secara signifikan pada kategori sedang dengan skor n gain sebesar 0,53; 0,53; dan 0,39 dan konsisten meningkat pada ketiga kelas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 66
,
PDF Downloads: 51



