PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUGAS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Authors

  • OKY DUA OKTANINGTYAS
  • WASIS

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan tugas proyek. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Jombang yang berjumlah 10 kelas, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 sebagai kelas replikasi yang berdistribusi normal dan homogen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan uji-t perpasangan dan n-gain, analisis tingkatan berpikir kreatif, dan analisis tugas proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada aspek pengetahuan meningkat dengan n gain pada kategori sedang, sedangkan aspek keterampilan mencapai nilai di atas rata-rata dengan kategori cukup kreatif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan tugas proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Kata kunci : Problem Based Learning, tugas proyek, berpikir kreatif






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-07-2018

How to Cite

DUA OKTANINGTYAS, O., & WASIS. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUGAS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/24145

Issue

Section

Articles
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 62

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>