PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUGAS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan tugas proyek. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Jombang yang berjumlah 10 kelas, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 sebagai kelas replikasi yang berdistribusi normal dan homogen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan uji-t perpasangan dan n-gain, analisis tingkatan berpikir kreatif, dan analisis tugas proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada aspek pengetahuan meningkat dengan n gain pada kategori sedang, sedangkan aspek keterampilan mencapai nilai di atas rata-rata dengan kategori cukup kreatif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan tugas proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Kata kunci : Problem Based Learning, tugas proyek, berpikir kreatif
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

