Pengaruh Strategi Motivasi Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction (ARCS) dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di Kelas X SMA Negeri 18 Surabaya
Abstract
Dari hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 18 Surabaya, masih banyak siswa yang belum termotivasi belajar, sehingga hasil belajar mereka cenderung rendah. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan strategi motivasi ARCS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi motivasi ARCS dalam pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis. Rancangan penelitian ini adalah true experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 18 Surabaya yang berjumlah enam kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (X-1, X-2, X-3) dan satu kelas kontrol (X-4). Hasil pretest dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis uji normalitas dan homogenitas didapatkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil analisis uji-t dua pihak didapatkan thitung kelas X-1, X-2, dan X-3 berturut-turut sebesar 5,67, 5,83 dan 4,49 dengan ttabel sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol karena thitung tidak berada pada -ttabel < thitung < ttabel. Nilai thitung pada uji-t satu pihak kelas X-1, X-2, dan X-3 sama dengan thitung pada uji-t dua pihak dengan ttabel sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol karena thitung > ttabel. Dari analisis data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi motivasi ARCS dalam pembelajaran langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 18 Surabaya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

