Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Media Komik pada Pengajaran ‎Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis Kelas X di SMA Negeri 2 Bangkalan

Authors

  • Suciati Suciati
  • Abdul Aziz Abdullah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan media komik dalam pengajaran dapat membangkitkan minat belajar siswa sehingga siswa akan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik akan menunjang keberhasilan suatu pendidikan. Diharapkan dalam proses pembelajaran, siswa banyak terlibat dan belajar dalam kondisi yang menyenangkan. Namun, hal ini tidak sesuai dengan fakta yang ada karena 95% siswa merasa kurang tertarik membaca buku pelajaran fisika dan 87% siswa memiliki minat belajar yang rendah dengan menggunakan referensi atau media belajar yang mereka gunakan selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan media komik pada pokok bahasan listrik dinamis di SMA Negeri 2 Bangkalan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan memusatkan pada pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan media komik. Desain penelitian yang digunakan yaitu 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasi menjadi 4-P yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan dengan uji coba terbatas pada 20 siswa kelas X-H SMA Negeri 2 Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan media komik dapat digunakan dalam proses pengajaran Fisika karena memenuhi tiga kriteria yaitu sangat layak digunakan berdasarkan penilaian buku ajar siswa dan LKS masing-masing menurut ahli media sebesar 91.15% dan 84.90% sedangkan menurut ahli materi sebesar 88.00% dan 86.67 %, praktis karena siswa tidak mengalami kesulitan dalam menggunakannya dan efektif karena mendapat respon dari siswa sebesar 87.88% sehingga tergolong dalam kriteria sangat positif serta hasil belajar siswa pun baik secara kognitif atau psikomotor 100% tuntas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini menjadi salah satu solusi peningkatan kualitas pengajaran dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Fisika kelas X di SMA Negeri 2 Bangkalan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Suciati, S., & Abdullah, A. A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Media Komik pada Pengajaran ‎Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis Kelas X di SMA Negeri 2 Bangkalan. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 92–96. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3014
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 29