PENGARUH PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP MISKONSEPSI SISWA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DALAM BAHASAN PEMANTULAN CAHAYA PADA CERMIN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

  • Eva Lutfiatul Maulida
  • Abdul Aziz Abdullah

Abstract

Penelitian ini berorientasi pada hasil observasi yang menyatakan 67% siswa yang mengalami permasalahan miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan konflik kognitif dengan metode demonstrasi terhadap miskonsepsi siswa ditinjau dari hasil belajar dalam bahasan pemantulan cahaya pada cermin di kelas VIII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan populasi yang digunakan adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo dan sampel diambil secara acak dengan cara undian pada kelas VIII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo yaitu 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis pretest diperoleh kelas VIII-E, VIII-G, VIII-F (kelas eksperimen) dan VIII-D (kelas kontrol) berdistribusi normal dan homogen. Hasil posttest yang dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak bahwa thitung pada kelas VIII-E, VIII-G, dan VIII-F berturut-turut adalah 6,06; 3,83; dan 5,43 dengan ttabel sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan konflik kognitif dengan metode demonstrasi berbeda dengan kelas kontrol yang menggunakan kegiatan pembelajaran sehari-hari yang biasa digunakan. Karena thitung tidak berada pada -ttabel < thitung < ttabel. Nilai thitung pada uji-t satu pihak kelas VIII-E, VIII-G, dan VIII-F berturut-turut adalah 6,02 ; 3,80 ; 5,42 dengan ttabel sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dikarenakan thitung > ttabel. Analisis miskonsepsi pada keempat kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat pengurangan miskonsepsi yaitu pada kelas VIII-E, VIII-G, VIII-F dan kelas VIII-D berturut-turut 42,11% ; 35,29% ; 36,53% dan 30,27%. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pendekatan konflik kognitif dengan metode demonstrasi dapat mengurangi miskonsepsi siswa dan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi pemantulan cahaya dan disarankan pendekatan konflik kognitif dengan metode demonstrasi dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi miskonsepsi dalam materi fisika yang lain.
Kata Kunci: Pendekatan Konflik Kognitif, Metode Demonstrasi, Miskonsepsi siswa, Hasil Belajar.
Abstract
This research oriented in observation that 67 percent of students get in missconcept. This research aims to describe influence cognitive conflict approach with demonstration methods toward missconcept of student look from the results of learning on reflection light on mirrors concept in class VIII Junior High School 2 Buduran Sidoarjo. This research uses experimental studies with the population used the class VIII Junior High School 2 Buduran Sidoarjo and samples taken randomly by lottery in class VIII Junior High School 2 Buduran Sidoarjo, 3 experimental class and 1 control class. Based on pretest analysis results obtained VIII-E, VIII-G, VIII-F class (experimental class) and VIII-D (control class) have distribution normal and homogeneous. . Posttest analysis result using t-test of the two sides that thitung in VIII-E, VIII-G, VIII-F class is 6,06; 3,83; and 5,43 with ttabel is 2,00. This shows that average results of experiments class using cognitive conflict approach with demonstration methods through different control class using learning activities commonly used. Because thitung was not around -ttabel < thitung < ttabel. The value of thitung on one side t-test VIII-E, VIII-G, VIII-F classes is 6,02 ; 3,80 ; 5,42 with ttabel is 1,67. This shows that the average results of the experimental class better than control class due to thitung > ttabel. Analysis of missconcept on the four classes (3 class experimentation and class control) show reduce missconcept on class VIII-E, VIII-G, VIII-F and VIII-D class is 42,11 %; 35,29 %; 36,53 % and 30,27 %. Based on research it can be concluded that cognitive conflict approach with demonstration methods can reduce missconcept of student and positive influence to results of learning on reflection light on mirrors concept and cognitive conflict approach suggested by the demonstration method can be used as alternatives to reduce missconcepts in physics is another matter.
Keywords: Cognitive Conflict Approach, Demonstration Methods, Missconcept Of Student, Result Of Learning.
Published
2013-11-01
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 29