PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Galuh Rahmawati
  • Abdul Aziz Abdullah

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25p

Abstract

Penelitian yang telah dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 14 Surabaya dilatarbelakangi karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep fisika sehingga ketuntasan hasil belajar fisika dibawah KKM, sedangkan KKM sekolah 75. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quantitative experimental dengan desain Pretest Posttest Control Group design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian portofolio dalam model pengajaran langsung terhadap ketuntasan hasil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t dari kelas eksperimen I, II, dan III terhadap kontrol adalah berturut-turut 2,5351, 2,5245, dan 2,0889, sedangkan nilai ttabel untuk uji dua pihak dengan taraf signifikan untuk penelitian pendidikan sebesar 0,05 adalah 2,000 dan nilai tabel untuk uji satu pihak dengan taraf signifikan untuk penelitian pendidikan sebesar 0,05 adalah 1,670. Hasil analisis angket menyatakan bahwa respon siswa terhadap pelaksanaan penilaian portofolio 75% dan siswa berharap portofolio diterapkan dalam mata pelajaran lain 67%. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa penerapan penilaian portofolio dalam model pembelajaran langsung berpengaruh positif terhadap hsil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 14 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan penilaian portofolio dalam model pengajaran langsung dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar fisika untuk pokok bahasan dan mata pelajaran lain.
Kata kunci : Penilaian Portofolio, Model Pengajaran Langsung, Ketuntasan Hasil Belajar Siswa,
Listrik Dinamis
Abstract
Research has been conducted in class X SMA Negeri 14 Surabaya because students have difficulty in understanding the concept of physics so that with the results studied physics under KKM, whereas school KKM is 75. This research is a Quantitative Experimental with Pretest Posttest Control Group design that aims to determine the influence of portfolio assessment in the teaching model directly against the results with student learning on the subject of dynamic power. The Data obtained in the study were analyzed using t-test.The t-test results from the class experimental I, II, and III to control is consecutively 2,5351, 2,5245,and 2,0889, whereas the value of t tabel to test two parties with significant level for educational research of 0.05 is 2,000 and the value of test table for a party with a significant extent for educational research of 0.05 is 1,670. Results of the analysis of the questionnaires stated that student response against the execution of 75% and portfolio assessment students hope portfolio applied in other subjects 67%. It can therefore be stated that the application of the portfolio assessment in direct positive learning model of student learning result on the subject of dynamic power in class X SMA Negeri 14 Surabaya. Based on the research of portfolio assessment in the direct instruction model suggestion can be used as alternatives in the process of teaching and learning physics for another subject and lesson.
Keywords: Portofolio Assessment, Direct Instruction, student learning results, Dynamic Electricities.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-11-01
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 33