Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Media Physicround pada Materi ‎Cahaya

Authors

  • Rika Pristianti Setianingrum
  • Titin Sunarti

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Togethere) dengan media physicround pada materi cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media physicround, mendeskripsikan prestasi belajar siswa dan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media physicround. Rancangan penelitian menggunakan true experiment design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Ponorogo. Sampel penelitian kelas terdiri dari dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Berdasarkan data dan analisis, 1)Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran dari observer sebesar 3.114%. 2)Prestasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan thitung kelas eksperimen berturut-turut sebesar 7,93 dan 10,83 lebih besar dari ttabel 2,00. 3)Respons siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media physicround secara umum baik. Respons siswa tertinggi terdapat pada aspek ketiga dan keenam yaitu siswa lebih mudah memahami materi fisika dan lebih berani menyampaikan pendapat persentase sebesar 86.11% dan 87,5% . Hasil pnelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media physicround berpengaruh pada prestasi belajar siswa dan siswa memiliki respon yang positif. Untuk penelitian lebih lanjut, media physicround dapat digunakan untuk pemahaman konsep sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Setianingrum, R. P., & Sunarti, T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Media Physicround pada Materi ‎Cahaya. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 87–91. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3013
Abstract views: 35 , PDF Downloads: 51

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>