PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS DI KELAS X SMA NEGERI 14 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25pAbstract
Dunia pendidikan adalah dunia yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kehidupan manusia yang selalu diiringi pendidikan akan selalu berkembang ke arah yang lebih baik. Salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang banyak berkaitan dengan menghitung, menganalisis dan mengumpulkan data adalah fisika. Dalam belajar fisika hendaknya fakta dan konsep tidak hanya diterima tanpa pemahaman namun perlu dikaitkan dengan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari siswa. Perlu diterapkan suatu pendekatan dalam pembelajaran yaitu pendekatan Contextual Teachinng And Learning (CTL) yang merupakan pendekatan yang bisa membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan hasil belajar siswa, serta respons siswa melalui penerapan pendekatan CTL. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 14 Surabaya. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas pada populasi terhadap hasil pretest diketahui bahwa populasi terdistribusi normal dan homogen dengan ?2hitung < ?2tabel (? = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL terlaksana dengan baik pada seluruh kelas eksperimen. Berdasarkan dari analisis aspek kognitif siswa menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak diperoleh hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol.. Hasil analisis respons siswa menunjukkan bahwa siswa mempunyai respons yang baik terhadap penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran.Kata kunci : Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), perpindahan panas, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respons siswa.
Abstract
The world of education is very important in human life. Human life is always accompanied by education, will always evolve into a better direction. One of the branches of natural science which many pertaining to count, analyzing and collect data is physics. In physics learning facts and concepts not only received without understanding but need to be associated with experience in daily life of students. Therefore, be applied an approach in learning that is Contextual Teachinng And Learning (CTL) which is an approach that can help teachers relate the material being taught to real life students. This researh aimed to described the approach CTL feasibility study and student learning result, and students response through the implementation of the CTL approach. The research design we use is True Experimental Design and the population of research is a students of class X SMA Negeri 14 Surabaya. Based on tests of normality and homogeneity of the population of the pretest results is known that the population is normally distributed and homogeneous with ?2 arithmetic <?2 table (? = 0,05). The results showed that the feasibility study with CTL approach performing well in all the experimental class. Based on the analysis of the cognitive aspects of students using t-test two parties and t-t one parties obtained the results learn by the students in the experimental class better than with the result learn of students in the control class. Response analysis of student results shows that students have a good response to the application of the approach Contextual Teaching and Learning (CTL) in the learning process.
Keywords: approach Contextual Teachinng And Learning (CTL), heat transfer, student learning results, feasibility study, student response.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2013-11-01
Issue
Section
Articles

