PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN STRATEGI TPS (Think-Pair-Share) DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

  • Wahyuni -
  • Retno Hasanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen dengan strategi TPS (Think-Pair-Share) dalam model pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif dan untuk mendeskripsikan hubungan antara penilaian kinerja siswa dengan penilaian kognitif siswa pada penerapan metode eksperimen dengan strategi TPS (Think-Pair-Share) dalam model pembelajaran diskusi pada materi perpindahan panas di kelas VII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan Randomized Control Group Pretest Postest Design. Populasi yang digunakan adalah kelas VII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo dan sampel diambil secara acak dengan cara undian pada kelas VII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo yaitu 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis pretest diperoleh kelas VII-E, VII-C, VII-A (kelas eksperimen) dan VII-B (kelas kontrol) berdistribusi normal dan homogen. Hasil posttest yang dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak bahwa thitung pada kelas VII-E, VII-C, dan VII-A berturut-turut adalah 6,80; 9,41; dan 10,98 dengan ttabel sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode eksperimen dengan strategi TPS (Think-Pair-Share) dalam model pembelajaran diskusi berbeda dengan kelas kontrol yang menggunakan metode eksperimen tanpa strategi TPS (Think-Pair-Share) dalam pembelajaran diskusi. Nilai thitung pada uji-t satu pihak kelas VII-E, VII-C, dan VII-A sama dengan uji-t dua pihak dengan ttabel sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dikarenakan thitung > ttabel. Analisis regresi, korelasi dan uji kelinieran regresi menunjukkan bahwa ada hubungan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada materi perpindahan panas. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dengan strategi TPS (Think-Pair-Share) dalam model pembelajaran diskusi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif maupun kinerja siswa pada materi perpindahan panas.
Kata Kunci: Metode eksperimen, Strategi TPS(Think-Pair-Share), Model Pembelajaran Diskusi, Hasil Belajar Siswa.
Abstract
The research aims to describe the influence of experimental method with the TPS strategy (Think-Pair-Share) in learning discussion toward student learning outcomes cognitive domain and to describe the relationship between the assessment of the performance student with cognitive assessment of student on application of experimental method with the TPS strategy (Think-Pair-Share) in learning discussion on heat transfer concept in class VII Junior High School 2 Buduran Sidoarjo. This research uses experimental studies with Randomized Control Group Pretest Postest Design. The population used the class VII Junior High School 2 Buduran Sidoarjo and samples taken randomly by lottery in class VII Junior High School 2 Buduran Sidoarjo, 3 experimental class and 1 control class. Based on pretest analysis results obtained VII-E, VII-C, VII-A class (experimental class) and VII-B (control class) have distribution normal and homogeneous. Posttest analysis result using t-test of the two sides and one side that thitung in VII-E, VII-C, and VII-A class is 6,80; 9,41; and 10,98 with ttabel is 2,00. This shows that average results of experiments class using experimental method with the TPS strategy (Think-Pair-Share) in learning discussion through different control class using experimental method without the TPS strategy (Think-Pair-Share) in learning discussion. The value of thitung on one side t-test VII-E, VII-C, and VII-A classes is equal to t-test of the two sides with ttabel is 1,67. This shows that the average results of the experimental class better than control class due to thitung > ttabel. Regression analysis, correlation and regression linier test shows that there is a relationship between domain of cognitive, affective, and psychomotor students on heat transfer concept. Based on research it can be concluded that experimental method with the TPS strategy (Think-Pair-Share) in learning discussion positive influence toward student learning outcomes cognitive domain as well as the assessment of the performance student on heat transfer concept. The teacher activity in manage of learning indicate is good criteria.
Keywords: experimental method, TPS strategy (Think-Pair-Share), learning discussion.
Published
2013-11-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 21