PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO

  • HENY WAHYUNINGDYAH

Abstract

Based on the observation that has been done in smpn 1 ward mojokerto areas, got that have never done learning model discussions with strategy pq4r learn. Hence, researcher tried to use kind of classroom discussions with strategy learning pq4r on subject matter heat engine. This research aims to describe the influence of model learning discussions with learning strategies of student learning outcomes PQ4R on material points of heat in Class VII SMP Negeri 1 Mojokerto Ward. This research uses experimental studies with Control Group Pretest Postest Redomized Design. Population used is class vii smpn 1 ward and samples taken at random by means of a raffle on class vii smpn 1 ward namely 3 class experimentation and 1 class control. Based on the analysis pretest obtained class VII-B, VII-E, VII-F ( class experiment) and VII-G ( class control ) berdistribusi normal and homogeny. Based on research can be inferred that the model of learning discussions with influential PQ4R learning strategies against student learning positive results on the material points of heat.

 

Keywords: The discussion, the model of learning strategy pq4r, learning study result of the students, heat engine.

Abstrak. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto, didapatkan bahwa belum pernah dilakukan pembelajaran model diskusi dengan strategi belajar PQ4R. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran diskusi dengan strategi belajar PQ4R pada materi pokok kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran diskusi dengan strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan Redomized Control Group Pretest Postest Design. Populasi yang digunakan adalah kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal dan sampel diambil secara acak dengan cara undian pada kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal yaitu 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis pretest diperoleh kelas VII-B, VII-E, VII-F (kelas eksperimen) dan VII-G (kelas kontrol) berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran diskusi dengan strategi belajar PQ4R berpengaruh positip terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor.

Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Diskusi, Strategi Belajar PQ4R, Hasil Belajar Siswa, Kalor.
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 21