Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi dengan Strategi Belajar PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kalor di Kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto, didapatkan bahwa belum pernah dilakukan pembelajaran model diskusi dengan strategi belajar PQ4R. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran diskusi dengan strategi belajar PQ4R pada materi pokok kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran diskusi dengan strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan Redomized Control Group Pretest Postest Design. Populasi yang digunakan adalah kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal dan sampel diambil secara acak dengan cara undian pada kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal yaitu 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis pretest diperoleh kelas VII-B, VII-E, VII-F (kelas eksperimen) dan VII-G (kelas kontrol) berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran diskusi dengan strategi belajar PQ4R berpengaruh positip terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

