Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi dengan Strategi Belajar PQ4R Terhadap Hasil Belajar ‎Siswa pada Materi Pokok Kalor di Kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto

Authors

  • HENY WAHYUNINGDYAH
  • Retno Hasanah

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto, didapatkan bahwa belum pernah dilakukan pembelajaran model diskusi dengan strategi belajar PQ4R. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran diskusi dengan strategi belajar PQ4R pada materi pokok kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran diskusi dengan strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan Redomized Control Group Pretest Postest Design. Populasi yang digunakan adalah kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal dan sampel diambil secara acak dengan cara undian pada kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal yaitu 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis pretest diperoleh kelas VII-B, VII-E, VII-F (kelas eksperimen) dan VII-G (kelas kontrol) berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran diskusi dengan strategi belajar PQ4R berpengaruh positip terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

WAHYUNINGDYAH, H., & Hasanah, R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi dengan Strategi Belajar PQ4R Terhadap Hasil Belajar ‎Siswa pada Materi Pokok Kalor di Kelas VII SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 200–206. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/383

Issue

Section

Articles
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 28