Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Metode Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Alat Optik di MTs NU Trate Gresik
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di sekolah tersebut masih sedikit guru fisika yang menerapkan model dan strategi pembelajaran, hal ini mengakibatkan lemahnya motivasi siswa untuk belajar di kelas, sehingga hasil belajar mereka cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan metode make a match terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan alat optik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan memberikan perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU Trate Gresik dan sampel yang diambil yaitu kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol yang berdistribusi normal dan homogen sebagai sampel penelitian dengan diberikan pre-test. Hasil post-test yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil uji-t dua pihak diperoleh -ttabel < thitung < ttabel menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Hasil uji-t satu pihak diperoleh thitung > ttabel menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan metode make a match berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di MTs NU Trate Gresik pada materi alat optik di kelas VIII.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

