Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Bahan Ajar (LKS) Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Yang Diintegrasikan Pada E-Learning Berbasis Moodle

Authors

  • ZAHIDAH

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v1i1.16181

Abstract

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar (LKS) yang diintegrasikan pada E-Learning berbasis Moodle. Bahan ajar (LKS) yang diintegrasikan pada E-Learning berbasis moodle dibuat untuk memudahkan siswa dalam memahami materi secara mandiri dan juga memudahkan guru dalam penyampaian materi. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar (LKS) yang diintegrasikan pada E-Learning berbasis moodle, metode yang digunakan yaitu Pre-Experimental Designs dengan menggunakan one group pretest posttest design. Bahan ajar (LKS) yang diintegrasikan pada e-learning berbasis moodle di uji cobakan kepada siswa kelas X MM 1 di SMK Negeri 6 Surabaya. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Metode tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar (LKS) yang diintegrasikan pada E-Learning berbasis Moodle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar sesuai nilai siswa pada ranah pengetahuan yaitu t tabel ≤ t hitung ( 2,045 < 26,257 ). Sedangkan pada peningkatan hasil belajar sesuai nilai siswa pada ranah praktikum yaitu t tabel ≤ t hitung ( 2,045 < 25,467 ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar (LKS) yang diintegrasikan pada E-Learning berbasis moodle dapat digunakan untuk memberikan peningkatan hasil belajar siswa kelas X MM 1 SMK Negeri 6 Surabaya tahun pelajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-07-2016

How to Cite

ZAHIDAH, . (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Bahan Ajar (LKS) Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Yang Diintegrasikan Pada E-Learning Berbasis Moodle. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(1). https://doi.org/10.26740/it-edu.v1i1.16181
Abstract views: 87 , PDF Downloads: 253