Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia 3D Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Untuk Siswa Kelas X Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Pacitan

Main Article Content

Lintang Janester Claudia

Abstract

Mata pelajaran perakitan komputer merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan media atau alat bantu pembelajaran. Untuk itu diperlukan pengembangan sebuah media pembelajaran yang mendukung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran perakitan komputer berbasis multimedia 3D.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan yang diadopsi dari langkah-langkah menurut Borg & Gall. Instrumen penelitian menggunakan instrumen non-tes yaitu angket/kuesioner dan instrumen tes yaitu tes pada media dan lembar essay. Instrumen telah diuji validitasnya sebelum digunakan pada penelitian. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan cara menghitung hasil validasi instrumen, respon siswa dan hasil belajar siswa dalam kriteria persentase yang diadopsi dari Sugiyono kemudian hasilnya dijelaskansecara deskriptif.Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata presentase nilai responden terhadap angket motivasi siswa adalah sebesar 88%. Hal tersebut menunjukkan bahwa respon siswa sangat baik. Untuk hasil belajar peserta didik mendapatkan rata-rata skor tes sebesar 3.57 (A-) dan ketuntasan kelas sebesar 100%.

Article Details

How to Cite
Janester Claudia, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia 3D Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Untuk Siswa Kelas X Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Pacitan. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/16183
Section
Articles