Pengaruh Penerapan Animasi Dengan Bahasa Isyarat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Di Smalb-B Karya Mulia Surabaya

Main Article Content

Dico Maha Putra Kusuma Negara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif terhadap motivasi siswa pada penggunaan animasi dengan bahasa isyarat, maka peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan animasi pada standar kompetensi memahami kegunaan dan efek samping penggunaan bahan kimia  yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas X SMALB-B Karya Mulia Surabaya. Diambil sampel sebanyak 2 kelas siswa kelas X SMALB-B Karya Mulia Surabaya. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh media digunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Animasi yang diimplementasikan adalah animasi 2 dimensi yang dibuat dengan aplikasi SAI Painttool kemudian dianimasikan dengan aplikasi anime studio 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi dengan kosntanta Y = 43,43 + 0,843 X. Persamaan tersebut mengindikasikan pengaruh animasi terhadap motivasi siswa cukup besar dengan presentase pengaruh variabel x terhadap y nilai R-Sq sebesar 32,5%. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif terhadap motivasi siswa pada penggunaaan animasi dengan bahasa isyarat.

Article Details

How to Cite
Maha Putra Kusuma Negara, D. (2016). Pengaruh Penerapan Animasi Dengan Bahasa Isyarat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Di Smalb-B Karya Mulia Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/16190
Section
Articles