Pengembangan E-Komik Sebagai Media Pembelajaran Keamanan Jaringan Materi Kriptografi

Main Article Content

M. Haris Syarifuddin

Abstract

Kemajuan teknologi tidak selalu memiliki efek positif terhadap minat baca dan belajar seorang mahasiswa. Dari fakta yang sering ditemui menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang tidak menyukai belajar keamanan jaringan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Masalah pada penelitian ini bagaimana kelayakan serta respon mahasiswa terhadap media pembelajaran e-komik pada materi kriptografi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi mengenai kelayakan e-komik serta mengetahui respon mahasiswa terhadap e-komik pada pembelajaran keamanan jaringan materi kriptografi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan ADDIE (Analisys-Design-Development-Implementation-Evaluation). Sumber data menggunakan Instrumen angket. Validasi penelitian pengembangan melibatkan validator materi dan validator media. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa Program studi Pendidikan Teknologi Informasi angkatan 2013 Unesa. Hasil penelitian menunjukkan prosentase penilaian dari para ahli yaitu nilai prosentase total kelayakan media sebesar 84,5%. Dengan demikian media pembelajaran E-Komik dapat dikatakan Sangat Layak sebagai media pembelajaran mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Haris Syarifuddin, M. (2016). Pengembangan E-Komik Sebagai Media Pembelajaran Keamanan Jaringan Materi Kriptografi. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/16239
Section
Articles