Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Kompetensi Dasar Memahami Rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop Dan Counter Kelas X Smk Negeri 2 Surabaya

Main Article Content

Rahma Febrianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media yang dikembangkan layak digunakan, dan untuk mengetahui respon siswa serta hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality. Penelitian mengacu pada model Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMKN 2 Surabaya yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 37 siswa. Data diambil menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu one shoot case study.Temuan hasil penelitian yakni media pembelajaran berkategori layak digunakan dalam pembelajaran dengan nilai presentase 86.06%. Siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran ini memiliki hasil belajar diatas KKM dengan nilai rata-rata kelas B+, respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran ini berkategori baik dengan nilai presentase 87.61%. diharapkan pada penelitian berikutnya media pembelajaran dapat ditambahkan fitur augmented reality yang dapat berfungsi sebagai simulator, memasukkan audio atau suara, animasi objek yang disajikan dapat dibuat lebih baik lagi dan mengganti marker menjadi lebih menarik atau membuatnya tanpa marker.

Article Details

How to Cite
Febrianti, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Kompetensi Dasar Memahami Rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop Dan Counter Kelas X Smk Negeri 2 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/16491
Section
Articles