Pengembangan E-Modul Struktur Kontrol Percabangan untuk Siswa Kelas X RPL di SMK N 2 Surabaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul struktur kontrol percabangan dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan E-Modul struktur kontrol percabangan lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan E-Modul struktur kontrol percabangan. Penelitian mengacu pada model Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas X RPL SMK N 2 Surabaya yang terdiri dari 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data diambil menggunakan menggunakan wawancara, angket dan tes. Desain uji coba yang digunakan yaitu Quasi eksperimen posttest only control group design. Temuan hasil penelitian yakni E-Modul pembelajaran berkategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan nilai presentase 83.5%. Respon siswa setelah menggunakan E-Modul berkategori sangat baik dengan nilai presentase 84%. Siswa yang diajarkan menggunakan E-Modul atau kelas eksperimen memiliki hasil belajar dengan nilai rata-rata 81.74 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75.78. Pada penelitian berikutnya diharapkan modul pembelajaran dapat memuat evaluasi latihan yang acak dan adanya batasan waktu dalam pengerjaannya.