Pengembangan Simulator pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 3 Surabaya

Main Article Content

Reza Mega Mawarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Simulator mata pelajaran jaringan dasar materi kabel UTP, dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan Simulator  lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan Simulator. Penelitian mengacu pada model Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MM SMKN 3 Surabaya yang terdiri dari 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data diambil menggunakan menggunakan wawancara, angket dan tes. Desain uji coba yang digunakan yaitu Quasi eksperimen posttest only control group design. Temuan hasil penelitian yakni Simualtor pembelajaran berkategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan nilai presentase 88.3%. Respon siswa setelah menggunakan Media Simulator berkategori sangat baik dengan nilai presentase 85%.  Siswa yang diajarkan menggunakan Media atau kelas eksperimen memiliki hasil belajar dengan nilai rata-rata 79.2 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 60.00. Pada penelitian berikutnya dilakukan penelitian sejenis dengan penerapan pada pokok bahasan lain dan pengembangan lebih lanjut.

Article Details

How to Cite
Mega Mawarni, R. (2016). Pengembangan Simulator pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 3 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/16689
Section
Articles